ASEAN Hindu Youth Council (AHYC) adalah suatu organisasi pemuda Hindu di tingkat ASEAN, sebagai wadah berhimpun organisasi-organisasi pemuda Hindu yang resmi diakui pemerintah di negara negara ASEAN

ASEAN Hindu Youth Council (AHYC) didirikan melalui DEKLARASI PRAMBANAN pada tanggal 21 November 1993 . Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia memegang peranan penting dalam pendirian AHYC selaku tuan rumah pembentukan yang berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 20-21 November 1993.

Adapun tujuan pendirian AHYC seperti yang dituangkan dalam DEKLARASI PRAMBANAN adalah sebagai berikut:

  1. Pemuda Hindu di negara-negara ASEAN harus mampu menjadi pemeran utama didalam menentukan kerjasama intra ASEAN, untuk mencapai pembangunan pemuda yang dinamis, progresif dan kreatif didalam menghadapi tantangan abad ke 21.
  2. Memberikan kontribusi terhadap pemeliharaan, promosi dan perkembangan yang baik kepada Hindu dan ekonomi, pembangunan sosial dan kebudayaan di kawasan ASEAN.
  3. Ajaran Hindu Dharma akan membentuk dasar-dasar kerjasama Pemuda Hindu ASEAN.
  4. Pemuda Hindu ASEAN akan bekerjasama dengan organisasi-organisasi pemuda ASEAN lainnya untuk mencapai tujuan-tujuan umum, perdamain dunia, harmonis diantara agama agama dan stabilitas kawasan ASEAN.

Selanjutnya pada tanggal 23 – 25 April 2010, telah sukses diselenggarakan ASEAN Hindu Youth Council (AHYC) General Assembly (Kongres). Acara berlangsung di Hotel Seri Malaysia Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia. Salah satu keputusannya adalah nama ASEAN Hindu Youth Council (AHYC) berubah menjadi South East Asia Hindu Youth Council (SEA HYC).
[telah dibaca 1080 kali]