Pembangunan Nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan. Pelaksanaan pembangunan nasional mengacu pada kepribadian bangsa dan nilai luhur yang universal agar terwujud kehidupan bangsa yang mandiri, berkeadilan, sejahtera dan maju, serta kukuh kekuatan moral dan etikanya. Salah satu indikator keberhasilan pembangunan nasional adalah terciptanya kader pemimpin bangsa yang berbudi luhur.

Kepemimpinan (leadership) adalah seni untuk mempengaruhi dan melayani orang lain sedemikian rupa sehingga memperoleh komitmen, kepercayaan, respek dan kemauan kerjasama pengikut untuk mencapai sasaran bersama yang telah ditetapkan.

Singkatnya, kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi orang lain. Karena setiap orang mempengaruhi orang lain, maka setiap orang adalah pemimpin. Tidak setiap orang akan menjadi pemimpin besar, namun setiap orang dapat menjadi pemimpin yang lebih baik.  Jadi, kepemimpinan dapat dipelajari.

Mengingat sifat dasar kepemimpinan yang dapat dipelajari dan masih lemahnya sistem penyiapan kader pemimpin Hindu di Indonesia maka Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah Indonesia) sebagai organisasi kader memiliki kewajiban moral untuk menyiapkan kader-kader pemimpin umat Hindu dan pemimpin negara Indonesia sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman.

Tujuan

  1. Memfasilitasi dan menyiapkan kader-kader pemimpin umat Hindu dan negara  yang berbudi luhur dan berintegritas tinggi di semua lini dan bidang pengabdian (agama, sosial budaya, hukum, politik, ekonomi, dan sebagainya).
  2. Memfasilitasi dan menyiapkan kader-kader pemimpin umat Hindu dan negara yang mampu bekerja secara profesional dalam organisasi dengan manajemen modern baik secara individual maupun dalam kerjasama tim.
  3. Memfasilitasi dan menyiapkan kader-kader pemimpin umat Hindu dan Negara yang menempatkan kepentingan umat Hindu khususnya dan bangsa Indonesia umumnya di atas kepentingan pribadi dan/atau kelompok.
  4. Memfasilitasi dan menyiapkan kader-kader pemimpin umat Hindu dan negara  yang memiliki komitmen terhadap Hindu dan mengabdi pada umat Hindu dan bangsa Indonesia sebagai bentuk bhakti kepada Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa).

 
[telah dibaca 1070 kali]