Peradah Indonesia telah memiliki infrastruktur jaringan
organisasi yang mapan, transformasi dibutuhkan untuk
lebih meremajakan organisasi dan membenahi tata kelola
agar sesuai dengan prinsip good governance.

Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah Indonesia) sebagai organisasi kemasyarakatan pemuda yang lahir pada tanggal 11 Maret 1984, merupakan wadah berhimpun bagi pemuda Hindu Indonesia, yang meliputi komponen pemuda, mahasiswa, wanita, dan cendekiawan Hindu, sebagai bagian dari Pemuda Indonesia senantiasa terlibat aktif dalam menyumbangkan dharma bhaktinya dalam gerak dan dinamika pembangunan nasional.

Perjalanan Organisasi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia yang telah melewati seperempat abad, cukup untuk memberi pengalaman, dalam rangka menentukan langkah-langkah menuju masa depan yang lebih baik. Sejalan dengan hal itu, pemerintah telah pula memberikan suasana yang sehat dan dinamis bagi keterlibatan pemuda dalam proses pembangunan nasional untuk menuju bangsa yang mandiri demokratis, dan sejahtera.

Arah Program
Berdasarkan Tujuan, Tugas Pokok, dan Fungsi Peradah Indonesia, maka Program Umum Organisasi diarahkan pada:

  1. Peningkatan dan pemantapan sradha dan bhakti generasi muda Hindu kepada Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab sesuai dengan ajaran agama Hindu.
  2. Peningkatan dan pemantapan nilai – nilai keteladanan Organisasi (sathyamitra, sadhana, sevanam, samskara, santosa) kepada seluruh anggota Peradah Indonesia.
  3. Peningkatan dan pemantapan kesadaran dan pemahaman kepemudaan akan wawasan kebangsaan, nilai-nilai kemanusiaan, demokratisasi, keadilan dan kesejahteraan, sebagai aktualisasi dari kesadaran untuk mewujudkan pembangunan yang bermoral, berbudaya, dan beretika.
  4. Peningkatan dan pemantapan kesadaran hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mengabdikan diri bagi suksesnya pembangunan nasional.

Strategi Program
Berdasarkan arah tersebut di atas, maka strategi pelaksanaan Program Umum Organisasi ini disusun sebagai berikut:

  1. Memantapkan dan mengembangkan keberadaan Peradah Indonesia sebagai organisasi kemasyarakatan pemuda yang beraspirasikan Hindu di setiap tingkatan kepengurusan.
  2. Meningkatkan kesadaran generasi muda Hindu akan pentingnya suatu organisasi yang dapat mewakili kepentingannya dan menyuarakan aspirasinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  3. Memantapkan dan mengembangkan hubungan yang harmonis antara Peradah Indonesia dengan pemuda lainnya sebagai satu kesatuan Pemuda Indonesia, untuk bersama-sama menyukseskan Pembangunan Nasional sebagai bentuk tanggungjawab warga Negara (Dharma Negara) dan pengamalan Pancasila.
  4. Meningkatkan komunikasi dan koordinasi antara Peradah Indonesia dengan lembaga-lembaga terkait, baik pemerintah maupun non-pemerintah.

Pokok-pokok Program

  1. Bina Dharma, yaitu meningkatkan sraddha (keimanan) dan bhakti (takwa) bagi anggota Peradah.
  2. Bina Warga, yaitu membangun kedewasaan dan swadharma anggota dalam semangat persaudaraan.
  3. Bina Kriya, yaitu memberikan inspirasi bagi anggota, dan umat Hindu, serta masyarakat melalui program nyata.
  4. Bina Sandhiwani, yaitu membangun komunikasi dan jaringan untuk turut memberikan kontribusi bagi pembagunan bangsa.
  5. Bina Karya, yaitu memberikan program dan karya nyata bagi masyarakat.
  6. Bina Artha, yaitu membangun kerjasama untuk pemberdayaan ekonomi anggota maupun masyarakat dalam rangka pencapaian kesejahteraan.

[telah dibaca 1911 kali]