Koperasi Sinergi Nusantara

“POLA PEMBINAAN KOPERASI DAN KEMITRAAN UMKM”

KEYNOTE SPEECH
MENTERI NEGARA KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH
PADA ACARA PEMBENTUKAN KOPERASI SINERGI NUSANTARA

Palembang, 7 Agustus 2010

Bismillahirrahmanirrahim,
Yth. Ketua DPR RI Bapak H. Marzukie Alie, SE.,MM,
Yth. Ketua Umum Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (PERADAH INDONESIA),
Serta para undangan yang berbahagia,
Assalamu alaikum Wr. Wb.

Mengawali sambutan saya marilah kita bersama-sama terlebih dahulu memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas karunia yang telah dilimpahkan kepada kita semua, sehingga kita masih diberi kesempatan untuk bertemu, berdiskusi, dan besilaturahmi pada acara RAKERNAS VIII PERADAH INDONESIA dan Pembentukan Koperasi Sinergi Nusantara. Tema yang diangkat dalam RAKERNAS VIII ini adalah  “Sinergi untuk Negeri, Gerakan Nasional Membangun Kemadirian Pemuda”. Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (PERADAH) dengan jumlah anggota lebih dari 200 ribu pemuda yang berdomosili di 27 Provinsi, merupakan potensi yang besar didalam membangun kesejahteraan dan kemandirian anggotanya dalam bentuk Koperasi. Pembentukan koperasi ini sangat relevan dalam situasi dimana dinamika  kehidupan masyarakat terus berkembang dan berubah setiap saat . Salah satu topik yang berkembang berkaitan  keberadaan  koperasi ditengah perkembangan saat ini adalah isu mengenai jatidiri koperasi. Ada sementara kekhawatiran bahwa perubahan yang diwarnai dengan semakin mengglobalnya dunia akan membawa dampak yang cukup serius bagi perkembangan koperasi di Indonesia, sebab globalisasi membawa dampak yang cukup serius bagi perkembangan koperasi di Indonesia, sebab globalisasi membawa semangat kapitalisme yang dapat menggerogoti nilai dasar dan prinsip koperasi.

Hadirin Yang Terhormat,
Koperasi merupakan badan usaha yang mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan badan usaha lain. Pelayanan  kepada anggota merupakan tujuan utama koperasi, karena dasar pembentukan koperasi adalah mencapai tujuan bersama. Tidak ada dominasi seseorang atas  orang lain karena keputusan tertinggi ada ditangan forum rapat anggota. Profit bukan merupakan tujuan utama dan satu-satunya tolak ukur keberhasilan suatu koperasi. Keberhasilan koperasi justru akan lebih berarti apabila para anggotanya dapat mengembangkan potensi ekonomi dan sosial yang dimilikinya. Fenomena yang ada pada era globalisasi, merupakan tantangan terhadap nilai dasar dan prinsip koperasi  yang justru mengutamakan kebersamaan dan kolektivitas.

Hadirin yang Terhormat,
Koperasi dibentuk dengan tujuan antara lain untuk mensinergikan seluruh potensi yang dimiliki anggotanya untuk mencapai tujuan bersama. Keberadaan koperasi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan para pengusaha mikrodan kecil selaku anggotanya melalui kegiatan-kegiatan yang didasarkan pada prinsip kolektifitas. Dalam rangka meningkatkan peran koperasi dalam perekonomian khususnya dalam membantu menggerakkan sektor riil, maka upaya pemberdayaan koperasi merupakan  suatu keharusan. Pemberdayaan kelembagaan koperasi meliputi pemberdayaan   kelembagaan dan daya saing  usaha koperasi.  Pembekan sektor riil, maka upaya pemberdayaan koperasi merupakan  suatu keharusan. Pemberdayaan kelembagaan koperasi meliputi pemberdayaan   kelembagaan dan daya saing  usaha koperasi. Pemberdayaan  kelembagaan koperasi sangat berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas manajemen  koperasi. Upaya peningkatan kualitas manajemen koperasi pada dasarnya meliputi :
    Peningkatan pemahaman  tentang jatidiri koperasi.
    Penerapan manajemen modern tanpa meninggalkan ciri khas dan jatidiri koperasi.
    Meningkatkan kualitas fungsi perangkat organisasi koperasi.
    Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pengelola organisasi koperasi.
    Meningkatkan pemahaman, peran  serta dan loyalitas terhadap koperasi.

Hadirin yang Terhormat,
Sesuai dengan undangan yang kami dari panitia Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (PERADAH INDONESIA) selain mengadakan RAKERNAS VIII juga melaksanakan Rapat Pembentukan Koperasi Sinergi Nusantara. Oleh sebab itu kami berharap agar pembentukan koperasi  ini harus sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi diantaranya anggota bersifat  terbuka dan sukarela, permodalan berasal dari anggota berupa simpanan pokok dan simpanan wajib maupun simpanan lainnya baik yang berasal dari anggota maupun yang berasal dari modal luar, kegiatan usaha  yang dilakukan koperasi harus mempunyai keterkaitan dengan usaha anggota, sehingga dapat memenuhi kebutuhan anggotanya. Sedangkan peran Pemerintah didalam pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) dengan melakukan pendidikan dan pelatihan  (diklat) kewirausahaan,  pelatihan manajemen perkoperasian, serta menjadi fasilitator di dalam menjalin kemitraan antara UMKM dengan koperasi,  UMKM dengan usaha besar maupun dengan sumber-sumber pembiayaan bagi UMKM.

Hadirin yang Terhormat,
Salah satu upaya lainnya didalam pembinaan koperasi adalah dengan terus menerus menumbuhan pemahaman di kalangan masyarakat tentang nilai dasar dan prinsip koperasi. Pemahaman ini penting  agar koperasi  yang tumbuh dikalangan masyarakat benar-benar didasarkan pada pemahaman yang kuat tentang jatidiri koperasi, sehingga koperasi yang terbentuk adalah koperasi yang berjatidiri koperasi.
Untuk itu melalui penyelenggaraan RAKERNAS VIII PERADAH INDONESIA ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pemahaman masyarakat akan koperasi, dan dapat memberikan hasil dan rekomendasi yang up to date, komperhensif dan dapat diterapkan di lapangan.

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, selamat RAKERNAS VIII dan Rapat Pembentukan Koperasi, dapat bermanfaat bagi pengambangan dan pemberdayaan Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (PERADAH INDONESIA).
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Palembang, 7 Agustus 2010
MENTERI NEGARA

DR. Syarief Hasan, MM, MBA

***

koperasi sinergi nusantara
Visi: Membangun Kemandirian dan Kesejahteraan Anggota

Misi:

Menyebarkan semangat kemandirian kepada Anggota.
Mengembangkan unit-unit usaha yang mendukung kesejahteraan anggota.
Menumbuhkan kebersamaan dan solidaritas anggota.

Nilai-Nilai: Kerjasama – Integritas – Inovatif – Sejahtera

  • Kerjasama : Setiap indiividu di dalam Koperasi harus bisa bekerjasama dan bersinergi untuk mencapai Visi dan Misi Koperasi.
  • Integritas : Setiap individu di dalam Koperasi harus memiliki integritas dan menjunjung tinggi kejujuran.
  • Inovatif : Setiap individu di dalam Koperasi mampu untuk berpikir dan bekerja secara inovatif serta positif.
  • Sejahtera : Setiap individu di dalam Koperasi hendaknya percaya dan berusaha sebaik-baiknya untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.

 

Makna Logo
Semangat dalam visi, misi, tujuan, dan nilai-nilai, Koperasi Sinergi Nusantara menvisualisasikan ke dalam bentuk logo sebagai berikut:

Logo Koperasi Sinergi Nusantara berbentuk segi empat saling terikat sisi sudutnya yang merupakan visualisasi dari orang (anggota) sebagai kesadaran pribadi yang saling bergandengan-tangan cermin dari kebersamaan dan kesetiakawanan (individualita dan kolektivita menurut istilah Bung Hatta).

Warna logo mencerminkan keanekaragaman dan kreatifitas anggota, terdiri dari para pemuda yang dinamis dan progresif.

Segi empat mencerminkan keberlanjutan (sustainability) komunitas dalam keseimbangan dari berbagai sektor kehidupan sebagaimana konsep “KOMPAS”;

  • Utara/ North – Nature: Koperasi Sinergi Nusantara diharapkan mampu menjaga keseimbangan bersama alam dan lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan bersama anggota.
  • Timur/ East – Economy: Koperasi Sinergi Nusantara diharapkan mampu menjadi inkubator dan laboratorium dalam memperbanyak jumlah wirausaha muda (socialpreneur) untuk mengoptimalkan sektor ekonomi.
  • Selatan/ South – Social: Koperasi Sinergi Nusantara diharapkan menjadi wadah interaksi antara anggota khususnya pemuda dalam mempererat kekeluargaan dan solidaritas.
  • Barat/ West – Welfare: Koperasi Sinergi Nusantara diharapkan mampu menjadi sarana percepatan peningkatan kesejahteraan para pemuda (anggota) dan membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Sedangkan sisi keseimbangan berlawanan dengan arah jarum jam mencerminkan progresifitas pemuda yang dinamis  sebagai sebuah ikatan kerjasama dalam komunitas yang memiliki integritas untuk menghasilkan karya inovatif mencapai anggota dan masyarakat yang sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *