HUT Bhayangkara ke-76, PERADAH Indonesia Ungkap Polri Presisi Semakin Bersama Masyarakat

Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Pemuda Hindu (DPN-Peradah) Indonesia menyebut Polri kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membawa banyak peruhahan. Hal tersebut terlihat, dalam program Polri Presisi yang mampu meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri.

“Polri Presisi, yakni Prediktif, Responsibilitas, Transparan Berkeadilan merupakan Program Polri. Dilihat dari perubahan kultur di jajaran Polri yang menitikberatkan pada pelayanan, masyarakat akan merasa bahwa penegakan hukum tak hanya tajam ke bawah. Dari konsep Presisi ini, memiliki setiap poinnya menjadi impian dan harapan masyarakat kepada institusi Polri.”kata Ketua Umum DPN Peradah Indonesia I Gede Ariawan atau IGE usai menghadiri HUT Bhayanhkara ke 76 di Semarang, Selasa (5/7).

Demikian lanjut IGE, ada sejumlah alasan dari publik mengapa masyarakat puas atas kinerja Polri. Antara lain sejak tiga (3) bulan terakhir polisi banyak melahirkan inovasi dalam pelayanan umum.

“Polri yang kini banyak menggunakan teknologi dinilai semakin baik dan transparan dalam pelayanan publik. Sejumlah inovasi yang banyak diapresiasi publik antara lain penerapan ETLE atau Tilang Elektronik. Kini penegakan hukum di jalan raya memberikan dampak perubahan besar dan kebijakan ini disambut baik oleh masyarakat.”tutur IGE.

Selain itu, menurut IGE pelayanan perpanjangan SIM secara online dan terobosan baru dalam pengawasan masyarakat terhadap polri lewat Propam Presisi dan TV Polri juga banyak diunggulkan masyarakat. IGE menyebut, melalui terobosan Program Presisi Kapolri ini akan membawa perubahan besar terhadap kinerja dan perilaku anggota Polri.

“Kehadiran virtual polisi dinilai banyak pihak membuat masyarakat merasa nyaman dan menghilangkan kecurigaan ada kriminalisasi. Virtual Police adalah Polisi Virtual yang bertugas memberikan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui media sosial.”ujar IGE.

Selanjutnya, kata IGE, ada edukasi yang diberikan berlandaskan Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Selain itu, ada pula layanan hotline 110, nomor telepon tunggal untuk menerima pengaduan dan laporan langsung dari masyarakat.

“Di media, Polri juga telah meluncurkan TV dan Radio Polri. Melalui media ini, masyarakat bisa melihat berbagai informasi terkait kegiatan dan layanan Polri dari seluruh Indonesia langsung dari sumbernya.”beber IGE.

Dikatakan IGE, berbagai survei 100 hari kinerja Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menunjukkan tren yang positif. Kini tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri terus meningkat. Polri Presisi menjadi jawaban atas gambaran sosok Polisi yang diharapkan. Presisi juga mengangkat sisi humanis Polri yang kini hadir lebih dekat dengan masyarakat.

“Capaian ini merupakan kado indah bagi Kapolri dan jajaran Polri dari seluruh penjuru negeri di Hari Bhayangkara ke-76 tahun ini. Semoga program Polri Presisi ini bisa terus ditingkatkan dan terus memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat Indonesia.”tutup IGE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.