Ormas Kepemudaan Lintas Iman Dukung Pemindahan Ibu Kota Negara Sebagai Perwujudan Indonesia Sentris

Delapan organisasi pemuda lintas agama mendukung penuh adanya kompleks rumah ibadah dan pusat aktivitas agama di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara sebagai simbol toleransi dan keberagaman Indonesia.

Hal ini disampaikan dalam Ikrar Kebangsaan Pemuda Lintas Agama menyambut momen 114 tahun hari Kebangkitan Nasional, yang dilaksanakan di titik nol Ibu Kota Negara Nusantara, Paser Penajam Utara, Kalimantan Timur, Jumat 20 Mei 2022.

Delapan organisasi pemuda tersebut yakni GAMKI, Pemuda Muhammadiyah, Peradah, Gemabudhi, Gema Konghucu, Gema Mathlaul Anwar, Pemuda Katolik, dan GP Ansor. Acara ini didukung juga oleh Kodam VI/Mulawarman dan Polda Kalimantan Timur.

Berikut ini ikrar yang disampaikan delapan organisasi tersebut:

  1. Pemuda Lintas Agama mendukung penuh pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur sebagai wujud pembangunan Indonesia Sentris.
  2. Pemuda Lintas Agama mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara yang mengutamakan prinsip pembangunan berkelanjutan serta menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem.
  3. Pemuda Lintas Agama mendukung adanya proses perpindahan sumber daya manusia dari Ibu Kota Negara DKI Jakarta ke Ibu Kota Negara Nusantara yang memperhatikan keseimbangan aspek teknis, sosial masyarakat, relijius, dan kultur.
  4. Pemuda Lintas Agama bersama generasi muda Indonesia serta masyarakat Kalimantan, terkhusus masyarakat lokal, siap terlibat aktif dan dilibatkan dalam pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Negara Nusantara.
  5. Pemuda Lintas Agama mendukung penuh adanya kompleks Rumah Ibadah dan Pusat Aktivitas Agama di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara sebagai simbol toleransi dan keberagaman Indonesia.
  6. Pemuda Lintas Agama di seluruh Indonesia siap untuk mengawal pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara yang berpedoman pada Amanat UUD 1945, Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Delapan pimpinan organisasi pemuda ini juga hadir langsung dalam acara tersebut. Pimpinan delapan organisasi kepemudaan yang hadir yaitu:

  1. Willem Wandik, Ketum GAMKI
  2. Sunanto, Ketum Pemuda Muhammadiyah
  3. Kristan, Ketum Gema Konghucu
  4. I Gede Ariawan, Ketum Peradah
  5. Ahmad Nawawi, Ketum Gema Mathlaul Anwar
  6. Anes Dwi Prasetya, Ketua Gemabudhi
  7. Marianna Tukan, Pemuda Katolik
  8. Herman Hasan, GP Ansor. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.