PERHIMPUNAN PEMUDA HINDU JAWA TIMUR MELAKUKAN BAKTI SOSIAL DI SEMERU

Perhimpunan Pemuda Hindu Jawa Timur ( Peradah Jatim ) mengadakan kegiatan Bakti Sosial pada hari Sabtu dan Minggu, 23 – 24 April 2022 dengan memberikan bantuan berupa Bahan Makanan ( Sembako ), keperluan Bayi, Sayur-sayuran, buah-buahan, dan lainnya kepada pengungsi erupsi Gunung Semeru di Posko BPBD Lumajang di Desa Penanggal, Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lumajang.

Bantuan secara simbolik diserahkan oleh Ketua DPP Peradah Jatim, Bli Komang Pasek Ardika dan Ketua Panitia Peradah Siaga Bencana, Mas Harnowo, dan diterima oleh Posko BPBD Lumajang yang diwakili oleh Bapak Amin di lokasi Penerimaan Bantuan Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lumajang.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Pragana Jatim, Mas Harnowo pada acara Pembukaan Bakti Sosial di Pura Mandara Giri Semeru Agung ( MGSA ) menyampaikan bahwa kegiatan Baksos yang bertemakan “Aksi Solidaritas Sesama Anak Negeri” yang dilakukan bertepatan pada bulan suci Ramadhan merupakan komitmen Pemuda Hindu Jawa Timur turut serta dalam merawat kebersamaan sesama anak bangsa dengan hidup saling peduli serta saling menghormati dengan tidak memberikan ruang bagi tumbuhnya benih-benih permusuhan yang pada akhirnya dapat memecah belah persaudaraan ditengah masyarakat. Peradah Jawa Timur akan terus bergerak merawat kerukunan dan toleransi di tengah masyarakat dengan harapan agar kita semua bisa terus menikmati kehidupan bermasyarakat yang kondusif dan harmonis”.

Kegiatan Baksos tersebut juga diawali dengan anjangsana Peradah Jatim ke pihak keluarga- keluarga umat Hindu yang juga menjadi korban erupsi Gunung Semeru. Dalam kesempatan itu Peradah Jatim menyampaikan berupa santunan sebagai rasa tali kasih dan kepedulian kepada keluarga yang ditinggalkan para korban.

Sebelum acara Bakti Sosial dilakukan Pragana Jatim yang dibentuk oleh DPP Peradah Jawa Timur juga telah beberapa kali menyalurkan bantuan di awal Erupsi dan membentuk Posko bersama Peradah Se Jawa Timur yang berlokasi di Wilayah Barat yaitu Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang dengan tujuan agar bantuan yang dilakukan oleh kader – kader Peradah Se Jawa Timur secara mandiri bisa terakomodir.

Bli Komang Pasek Ardika, Ketua DPP Peradah Jawa Timur menambahkan, bahwa Acara Bakti Sosial yang telah dilakukan tersebut bukanlah acara yang terakhir, dan menghimbau agar Pragana Jatim terus melakukan upaya-upaya penerimaan bantuan dari para donatur dan menyalurkan bantuan tersebut kepada para korban erupsi gunung Semeru sampai situasi kebencanaan benar-benar berakhir.

Pragana Jatim atau Peradah Siaga Bencana Jawa Timur merupakan Badan Semi-Otonom DPP Peradah Jawa Timur yang menangani kegiatan yang berkaitan dengan kebencanaan di Jawa Timur. Anggota Pragana Jatim merupakan unsur – unsur Peradah dari tingkat Provinsi, Kabupaten dan kontributor Peradah di wilayah bencana. Selain itu Pragana Jatim dibentuk dan bergerak secara Mandiri dibawah arahan DPP Peradah Jawa Timur sebagai wadah atau wahana bagi Pemuda Hindu untuk belajar dan untuk memperoleh pengalaman – pengalaman dalam mengelolah suatu kegiatan yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.