Sarasehan Peradah DKI Jakarta Bahas Kader Muda Hindu Potensial

 

 

  • Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia DKI Jakarta menggelar simakrama virtual berupa sarasehan alumni dan kader Peradah DKI Jakarta sebagai rangkaian dari peringatan HUT Peradah Indonesia yang ke-38 di Gedung Dharma Sevanam, Pura Aditya Jaya Rawamangun, Jakarta Timur (13/03).
  • Adapun kegiatan sarasehan sekaligus launching sensus pemuda hindu DKI Jakarta ini dihadiri oleh perwakilan DPN Peradah Indonesia, Wisnu Oka dan demisioner Ketua Peradah DKI Jakarta antara lain: I Ketut Guna Artha (2007-2010), Made Widhi Adnyana Surya Pratistha (2013-2016) dan Novri (2018-2021).
  • Mengambil tema “Berswadharma Untuk DKI Jakarta”, panitia peringatan HUT Peradah Indonesia DKI Jakarta berharap sarasehan kali ini bisa menjadi agenda refleksi dan forum silaturahmi antar pengurus aktif dengan alumni agar bisa terjalin secara kesinambungan melalui program kepemudaan sebagai dharma agama dan dharma negara.
  • “Sarasehan alumni dan kader ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan HUT Peradah Indonesia yang ke-38 sebagai forum silaturahmi antar pengurus dan alumni selain itu kita juga akan launching sensus pemuda hindu dan bakti sosial berupa donor darah”, ujar Putu Hatesa, Ketua Panitia HUT Peradah Indonesia DKI Jakarta.
  • Dalam sambutannya, Ketua DPP Peradah DKI Jakarta  Bryan Pasek Mahararta menyampaikan bahwa sensus pemuda hindu DKI Jakarta akan menjadi acuan bagi kepengurusan yang baru untuk menyusun program strategis melalui rapat kerja (raker) bulan depan. Ia menegaskan bahwa tagline Peradah DKI Jakarta yakni “Siap Berinovasi, Galang Kolaborasi” merupakan spirit kepengurusan yang baru untuk menyongsong bonus demografi mendatang.
  • Dijelaskan bahwa sensus pemuda hindu tersebut merupakan suatu terobosan yang progresif karena data yang masuk akan bisa menjadi potret potensi generasi muda hindu se-Jabodetabek mulai dari tingkat pendidikan, status pekerjaan dan peminatan pemuda hindu diberbagai bidang.
  • “Dengan hadirnya para demisioner Ketua Peradah DKI Jakarta ini, kita ingin menunjukkan estafet kepemimpinan dan proses regenerasi itu harus berjalan baik sehingga akan muncul kader-kader muda hindu potensial disetiap zamannya”, ungkap pria yang akrab disapa bung Ibenk.

  • Ia menambahkan, selain akan melanjutkan suksesi program yang pernah diselenggarakan oleh pengurus sebelumnya seperti Peradah Festival dan Hindu Youth Leadership Forum, salah satu gebrakan Peradah DKI Jakarta mendatang adalah Peradah Preneur yang akan melibatkan para entrepreneur sukses nasional untuk mencetak wirausahawan muda yang melek bisnis dan ekonomi kreatif.
  • “Fokus kami ke depan adalah mendorong terciptanya entrepeneur muda sebagai resolusi dari tantangan bonus demografi berupa kemapanan sektor finansial generasi muda hindu terlebih pemindahan Ibu Kota Negara nanti akan menjadikan Jakarta sebagai pusat bisnis nasional, maka harus kita siapkan mulai dari sekarang”, sahutnya.
  • Seiring dengan semangat inovasi dan kolaborasi yang dilakulan oleh pengurus Peradah DKI Jakarta, DPN Peradah Indonesia juga menyampaikan beberapa pesan pentingnya sinergitas pemuda hindu dalam turut aktif berkarya membangun negeri.
  • Wisnu Oka, yang turut hadir mewakili Ketua Umum DPN Peradah Indonesia menyebutkan diusia yang ke 38 tahun ini, harapan DPN adalah terciptanya kolaborasi dari pusat hingga ke daerah agar hadirnya peradah ini mampu benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh elemen masyarakat.
  • “Saya sangat bersyukur dapat hadir di tengah-tengah acara sarasehan dan perayaan HUT yang diselenggarakan oleh DPP Peradah DKI Jakarta ini. harapannya tentu kedepan karna secara teritorial berada di satu wilayah yang sama, kita dapat lebih sering berkolaborasi dalam event dan program-program yang lebih besar sehingga nama peradah bisa lebih dikenal dan memberikan peran yang nyata bagi bangsa, negara dan agama”. ucapnya.
  • Tak lupa Oka juga mengajak seluruh alumni yang hadir dan juga kader Peradah DKI Jakarta untuk mensukseskan gelaran Mahasabha XII yang akan dilaksanakan di NTB pada tanggal 17 – 20 Maret 2022.
  • dihubungi di tempat terpisah, Ketua Umum DPN Peradah Indonesia I Gede Ariawan menyatakan apresiasinya terhadap inovasi yang dilakukan oleh DPP Peradah DKI Jakarta.
  • “saya sangat mengapresiasi apa yang telah di programkan oleh rekan-rekan DPP Peradah DKI Jakarta khususnya tentang sensus pemuda Hindu di DKI Jakarta. ini memang penting untuk kemudian kita bisa mengetahui peta demografi pemuda Hindu yang ada di wilayah Jakarta untuk kemudian nanti dapat di sinergikan dengan instansi baik itu pemda, pembimas maupun yang lainnya.” ungkanya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.