Menyambut Nyepi, Peradah Kaltim Gelar Peradah Talks

Menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944, DPP Peradah Kalimantan Timur berkolaborasi dengan Badan Penyiaran Hindu (BPH) Kalimantan Timur menggelar Peradah Talks Series 1 yang kali ini berlangsung secara daring, mengusung tema Menyiapkan diri dan hati menyambut Hari Suci Nyepi ditengah Pandemi Berdasarkan Tat Twam Asi pada Jumat, 25 Februari 2022.

Ketua DPP Peradah Kaltim, I Gede Astika dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tahun ini merupakan kali ke tiga umat Hindu di Indonesia memperingati Hari Suci Nyepi ditengah Pandemi Covid-19 sehingga perlu penyesuaian khususnya bagi para pemuda Hindu dalam melaksanakannya agar tetap produktif. Lanjutnya ia juga menyampaikan bahwa Peradah Talks sebagai salah satu program kerja DPP Peradah Kaltim “Peradah Talks merupakan salah satu alternatif kegiatan bagi pemuda Hindu untuk saling berbagi informasi dan pengalaman, tentunya akan terus dilakukan dengan topik-topik yang kekinian dan menyesuaikan secara daring atau luring” imbuhnya.

Ketua PHDI Kaltim, I Made Subamia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan-kegiatan yang melibatkan Pemuda, “Mari kita dukung kegiatan seperti ini, apalagi sesuai dengan momentum kondisi umat Hindu yang merayakan Nyepi dalam kondisi pandemi seperti ini, misalkan dalam melaksanakan melasti, pengarakan ogoh-ogoh hingga dharma shanti” imbuhnya beliau.

Acara yang dimoderatori oleh Agnesia Noviantivani, kader DPK Peradah Bontang berlangsung menarik dengan pemateri pertama oleh Jro Mangku I Gede Adnyana yang merupakan ketua BPH Kaltim menyampaikan materi asal mula perayaan Nyepi hingga himbauan mengenai pelaksanaan Nyepi ditengah Pandemi. Pemateri kedua disampaikan oleh I Gusti Ayu Wismantari, kader DPK Peradah Samarinda yang juga sebagai Guru Agama Hindu, ia menyampaikan bagaimana anak muda dalam menerapkan protokol kesehatan dalam perayaan Nyepi, Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.