Peradah Badung melaksanakan Program Kegiatan Peradah Masuk Desa (PMD)

Peradah Badung melaksanakan Program Kegiatan Peradah Masuk Desa (PMD). Kegiatan ini menyasar 5 Desa di Kecamatan Abiansemal diantaranya Desa Ayunan, Desa Blahkiuh, Desa Punggul, Desa Selat, Desa Bongkasa, Minggu (21/11/2021).

Ketua Panitia Luh Putu Sri Winarsih, S.H mengatakan Program Peradah Masuk Desa ini kami laksanakan dengan webinar dengan tema “Generasi Muda Tangguh Berbudaya Di Tengah Gempuran Corona” yang menyasar organisasi pemuda di desa seperti Sekaa Teruna atau Karang Taruna.

“Kegiatan ini kami laksanakan online(daring) yang melibatkan 2 orang yaitu Ketua dan Sekretaris atau perwakilan masing-masing dari sekaa teruna atau karang taruna”Imbuhnya.

Ketua Peradah Badung Ida Bagus Mahendra Sada Prabhawa, S.Ak, menjelaskan sesuai dengan prinsip kami yakni meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) generasi muda Hindu disegala bidang salah satunya Seni Adat dan Budaya.

“Saat ini peran generasi dalam melestarikan seni adat budaya sangatlah dipertaruhkan, ditambah lagi dalam situasi pandemi Covid-19 yang menekan generasi muda secara terbatas untuk mengimplementasikan hal ini secara nyata di lapangan, tentunya akan menimbulkan efek terhadap Tradisi itu sendiri” kata ketua peradah gumi keris ini.

Menurutnya sebagai organisasi pemuda di Kabupaten Badung, Peradah Badung akan lebih aktif merangkul pemuda-pemudi di desa dan membangun sinergitas bersama melalui kegiatan positif kedepan, seperti webinar ini yang membahas pengalaman dan wawasan pembicara sebagai pelaku seni budaya dan pengusaha muda di tengah gempuran pandemi ini.

Sementara itu, salah satu peserta memberikan saran dan respon, “Semoga untuk kedepannya Peradah Badung bisa mengadakan zoom seperti ini lagi, dan bisa meningkatkan semangat serta memberikan dorongan kepada ST. atau pemuda di kabupaten Badung untuk dapat meningkatkan kreatifitas serta produktifitas di banjar ataupun desanya” Kata Gusti Ayu Mirah Sekaa Teruna di Desa Ayunan

“Webinar yang dilakukan sangat bermanfaat bagi generasi muda terutama dalam menumbuhkembangkan sikap cinta terhadap seni dan budaya Bali” Tambah Luh Ratna Sari, peserta PMD 2021

Secara terpisah Ketua DPP Peradah Indonesia Bali, I Komang Agus Widiantara menjelaskan PMD merupakan bagian dari program Peradah di Bali dan Kabupaten/Kota, program itu menyasar pemuda Hindu di desa agar mindset dan wawasan pengalaman pemuda lebih terbuka produktif dan inklusif di bidang manapun termasuk seni dan budaya.

Adapun kegiatan ini menghadirkan pembicara cantik yakni Kadek Ari Jumiati, S.E akrab disapa Gek Klepon dalam pementasan arjanya, seorang Seniman Muda yang juga sebagai Owner Bali Buah Segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.