PENGABDIAN DPK PERADAH INDONESIA KOTA PALANGKA RAYA

PALANGKA RAYA – Dewan Pimpinan Kota Perhimpunan Permuda Hindu Indonesia Kota Palangka Raya, melaksanakan salah satu program kerja organisasi nya yaitu Pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 22-25 Juli 2021, di desa Barunang Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Junaedi selaku Ketua DPK PERADAH Indonesia Palangka Raya menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk implementasi, kontribusi langsung dan cita-cita untuk membina dan memberikan motivasi, ilmu serta pengalaman kepada masyarakat khususnya umat Hindu Kaharingan.

PERADAH sendiri hadir untuk memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya untuk regenerasi supaya umat hindu kaharingan kedepannya dapat lebih mampu bersaing serta berpendidikan yang tinggi agar umat hindu kaharingan tetap eksis dan mampu bertahan.

Bapak Lewis selaku Ketua Majelis Kelompok Agama Hindu Kaharingan desa Barunang sangat menyambut baik serta menerima kedatangan rombongan, umat hindu kaharingan khususnya di desa Barunang juga sangat antusias dan bahagia menyambut kedatangan kami, karena sebelumnya tidak pernah dilaksanakannya kunjungan ke desa Barunang, disini juga bapak Lewis mengharapkan setelah kedatangan kami, dapat menjadikan pedoman kepada umat Hindu Kaharingan serta dapat menjadikan jalan agar umat kedepannya lebih semangat dan tetap memiliki iman yang kuat kepada Hindu Kaharingan karena mereka juga perlu bimbingan mengenai bagaimana hindu kaharingan ini kedepannya.

Dimana juga masih dapat dilihat kentalnya ritual-ritual agama hindu kaharingan di desa Barunang mereka tetap menjunjung tinggi dan menghargai ritual dengan alasan agar hindu kaharingan tetap ada dan tetap bersatu.
Umat hindu kaharingan di desa Barunang juga berpesan agar mereka mendapat kunjungan dan penyuluhan agar mereka dapat dibina karena masih banyak keterbatasan serta kekurangan baik dari moril maupun material

“Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu, memperkenalkan organisasi PERADAH, pelatihan pembuatan sarana BASARAH, Basarah bersama di desa mamput, pembuatan Plang nama balai, pembuatan plang nama ketua Majelis, pembagian sembako untuk lansia, belajar menari, pembagian buku panaturan, bakti sosial di lingkungan kuburan umat Hindu Kaharingan,” tutup Junaedi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.