DPP Peradah Provinsi Jambi Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Jambi, 26 Mei 2020 – Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan sensus penduduk pada tahun 2020 yang menjangkau seluruh penduduk Indonesia. Rencananya sensus ke-7 itu akan dilaksanakan menggunakan peralatan digital, bukan lagi mengandalkan kertas. Peralatan digital yang dimaksud antara lain berupa aplikasi smartphone dan website, harapannya peralatan tersebut bakal membantu pencacah lapangan yang mengumpulkan data, juga memudahkan warga yang ingin memasukkan datanya sendiri.

Teknologi yang akan digunakan pada sensus penduduk 2020 berupa CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing) yang rencananya dalam bentuk aplikasi untuk smartphone android, jadi pencacah lapangan bisa memakai ponselnya sendiri, bukan kertas.

Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Perhimpunan Pemuda Hindu Dharma Provinsi Jambi dan Dewan Pimpinan Kabupuaten (DPK) Perhimpunan Pemuda Hindu Dharma Kabupaten Muaro Jambi dan berkoordinasi dengan Lembaga Parisada Hindu Dharma Indonesia baik Kota maupun Kabupaten, membantu Umat untuk menyelesaikan dan mensukseskan Sensus Penduduk 2020, Kesadaran ini dilandasi oleh pemuda Hindu Provinsi Jambi karena masih banyak umat yang belum mengisi Sensus Penduduk secara Online dan Juga masih minimnya pengetahuan tentang teknologi pada Umat yang ada  di kabupaten atau di daerah yang sulit terjangkau oleh internet. Dengan melakukan sosialisai dan mendatangi setiap rumah khususnya untuk Umat Hindu para Pemuda membagi Tugas untuk membantu dan menyebarluaskan informasi mengenai pengisian data Penduduk di situs BPS kepada Umat Hindu yang ada di Kota maupun dikabupaten yang ada di Provinsi Jambi serta memberikan pemahaman kepada umat akan pentingnya data penduduk di BPS demi kemajuan Bangsa Indonesia.

Kependudukan adalah tema yang tiada habisnya untuk dibahas. Menata kelola kependudukan jika tidak hati-hati akan menimbulkan pengaruh multifaktor dalam dimensi internal sebuah bangsa dan perkembangan masyarakatnya dalam dimensi global. Untuk Indonesia sendiri, setelah proses demokrasi mempertontonkan banalitasnya di media dalam perhelatan kontestasi politik pada Pemilu yang sudah terjadi sebelumnya dan membuat warga terjebak dalam politik identitas dan post-truth, membuat kita menaruh harapan besar pada visi pemerintahan untuk pembangunan sumberdaya manusia (SDM). SDM yang unggul dapat dibentuk dari pembangunan yang dilandasi dengan perspektif kependudukan yang menyeluruh, sebab membangun manusia tak semudah membangun infrastruktur fisik.

Jaya Peradah!!!

Artikel by: DPP Peradah Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *