Webinar Peradah Indonesia, Ajak Bijak Bersosial Media

 

Kepedulian Peradah Indonesia terhadap kondisi Pandemi Covid 19 ini, telah di implementasikan melalui webinar yang diadakan pada hari minggu tanggal 23 Mei 2020 lalu. Webinar yang di moderatori oleh Sekjen Peradah Indonesia yaitu AAA Ari Widyastuti yang menekankan keprihatinannya tentang berita hoax yang berseliweran dijagat dunia maya. Sehingga, perlu adanya literasi sosial media yang diberikan khususnya untuk para pemuda Hindu dalam mengkonsumsi seluruh informasi yang telah dibacanya. Dan, sebagai peserta dalam webinar tersebut adalah seluruh perwakilan DPP&DPK Peradah Indonesia yang tersebar di 30 Provinsi di Indonesia.

Webinar Komunikasi ini juga dilaksanakan karena kondisi Covid-19 tidak hanya menyangkut persoalan medis, namun sudah menjadi persoalan yang multidimensi termasuk menyentuh bahasan komunikasi. Sehingga pada kesempatan yang sama juga, Ketua Umum Peradah Indonesia yaitu I Gede Ariawan juga menjelaskan dalam sambutan pembukaannya, bahwa, sebagai generasi muda Hindu harus cerdas untuk memilih informasi mana yang harus disebar dan dibaca sebagai sebuah pengetahuan.

Pada webinar komunikasi tersebut menekankan tema Bijak Berkomunikasi di Sosial Media, adapun sebagai pembicara yaitu Dr. Ni Gusti Ayu Ketut Kurniasari, SIP, M.Si yang juga merupakan alumni Peradah Indonesia, yang biasa disapa Yuke ini. Yuke menjelaskan bahwa, Adiksi internet karena proses adaptasi terhadap interaksi lingkungan dan budaya yang dihadapi tidak diimbangi dengan kapabilitas literasi digital yang adekuat. Sehingga dibutuhkan literasi digital yang dilakukan secara terus menerus agar masyarakat menjadi lebih bijaksana dalam mengkonsumsi segala informasi yang disebar melalui sosial media.

Selaras dengan yang disampaikan oleh Ketum Peradah Indonesia yang menyatakan bahwa: “Kalau bukan kita yang menjadi kontrol untuk diri kita sendiri, maka kita tidak akan mampu memutus rantai Hoax yang ada di sosial media. Ada baiknya, kita harus kroscheck dulu informasi yang kita dapatkan, jangan langsung sebar aja”. Kalimat Ketum Peradah Indonesia tersebut jelas sekali upayanya untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda Hindu untuk bersama-sama kita memerangi Hoax dengan cara kita harus mampu membangun filter untuk diri kita sendiri. Peradah Indonesia. Jaya…!!!

 

(Infokom DPN Peradah Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *