DPK Peradah Samarinda hadiri Piodalan Pura Wana Dharma Desa Tanjung Pinang

WhatsApp Image 2018-02-08 at 16.11.03

DPK Peradah Samarinda yang diwakili Ketua Bidang Kaderisasi Putu Surianan dan Ketua Bidang Organisasi Anak Agung Gede Rada Nugraha Putra hadiri Piodalan Pura Wana Dharma Desa Tanjung Pinang Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser pada Rabu (31/1/2018) Purnama Kawolu bersama Pembimas Hindu Kementerian Agama Prov. Kalimatan Timur Bpk. Drs. A.A. Gede Raka Ardita, M.Si.
Pura Wana Dharma Desa Tanjung Pinang ini merupakan satu-satunya Pura di Kalimantan Timu yang seleruh umatnya 100% umat Hindu beretnis Dayak. Ada sekitar 80 KK yang tinggal disekitar Pura tersebut menurut keterangan Ketua PHDI Desa Tanjung Pinang yang juga Guru Agama Hindu di Desa tersebut Bpk Buter, S.Ag. Perjalanan menuju pura ini ditempuh melalui jalan darat selama  ±12 Jam dari Ibukota Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda. Yang berbeda dari Pura ini adalah adanya Batu Petir (red:Batu Nayong) ditempatkan sebagai pelinggih oleh umat Hindu disana. Batu yang diyakini sebagai batu yang jatuh dari Langit dan dianggap sebagai lelehur mereka itu beberapa kali sempat hilang namun kembali lagi pada tempatnya. Belum banyak keterangan yang kami dapat tentang Batu Nayong ini.
Acara Piodalan Pura Wana Dharma juga dihadiri dari Umat Hindu Kota Tanah Grogot, Paser; dan juga dari Desa Samlayang Prov. Kalimantan Selatan yang memang berdekatan dengan Desa Tanjung Pinang.  Acara tampak meriah dengan iring-iringan Bleganjur walau cuaca yang sangat terik pada siang itu.
Acara Piodalan ini diakhiri dengan Ramah Tamah bersama Umat Hindu Etnis Dayak Paser dengan berbagai suguhan yang mereka siapkan.

Peradah Indonesia, Jaya !!!

WhatsApp Image 2018-02-08 at 16.12.38 WhatsApp Image 2018-02-08 at 16.13.22 WhatsApp Image 2018-02-08 at 16.13.23
[telah dibaca 313 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *