Bangkitkan Kecintaan akan Sejarah Hindu Kaltim, DPK Peradah Samarinda Kunjungi Situs Ing Martadipura

WhatsApp Image 2018-01-30 at 22.41.57(1)

DPK Peradah Samarinda melaksanakan kegiatan Tirta Yatra dalam rangka Hari Raya Kuningan mengunjungi Situs Kerajaan Hindu Ing Martadipura yang berada di Desa Muara Kaman Kec. Muara Kaman Kab. Kutai Kartanegara pada tanggal 12 Desember 2017, dimulai dari Pura Jagat Hita Karana Kota Samarinda menggunakan Kendaraan roda 4 dan 2. Perjalanan ditempuh kurang lebih sekitar 3 jam.

Kegiatan dikordinir langsung oleh Ketua Bidang Kaderisasi DPK Peradah Kota Samarinda Putu Suriana dan diikuti oleh peserta sebanyak 15 orang termasuk Ketua DPK Peradah Samarinda I Dewa Putu Yudha Sudiatmaja, SH dan disertai oleh Ketua DPK Peradah Kutai Kartanegara Bayu Berata Wijaya.

Usai mengunjungi situs Hindu tersebut, peserta diajak berkunjung ke beberapa pura yang ada dijalur menuju muara kaman. Dari 6 pura yang ada dijalur menuju muara kaman, dikarenakan waktu peserta hanya sempat mengunjungi 3 pura saja diantaranya Pura Tirta Harum Desa Sambitulung Kec. Muara Kaman, Pura Agung Jagadhita Desa Bunga Jadi Kec. Muara Kaman dan Pura Mandira Loka Desa Bukit Pariaman Kec. Tenggarong Seberang yang mayoritas Umat Hindu berasal dari Banyuwangi.

Menurut Putu Suriana tujuan dari kegiatan ini selain memperingati hari raya kuningan, juga mengajak pemuda-pmuda Hindu untuk mengenal dan mengetahui keberadaan situs-situs peninggallan kerajaan Hindu. diharapkan para pemuda atau anggota DPK Samarinda sebagai DPK yang berada di Ibu Kota Provinsi dapat memperkenalkan kekayaan budaya keagaamaan, tentunya Hindu itu sendiri.

Peradah Indonesia, Jaya !!!

WhatsApp Image 2018-01-30 at 22.41.57(3) WhatsApp Image 2018-01-30 at 22.41.57(2) WhatsApp Image 2018-01-30 at 22.41.57
[telah dibaca 273 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *