Tanggapan Ketum Peradah Atas Anak Yang Berdiri Diatas Pelinggih Menyejukkan Suasana

30a3be6e-37b5-46ed-896f-808dcf780dc6_169

Beredar foto seorang bocah lelaki menduduki tempat sakral di sebuah pura di Bali. Bocah itu mengunggah fotonya di akun media sosial. Foto tersebut dibagikan sebanyak ribuan kali oleh netizen dan menuai kecaman.

Ketua DPN Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia, Sures Kumar, menyayangkan hal tersebut. Namun Sures memaklumi karena kemungkinan si bocah tak paham dengan apa yang dilakukannya.

“Yang pasti anak kecil tidak ngerti. Pastikan ada yang nyuruh, dalam artian pasti ada anak lebih dewasa di situ yang mengambil gambar,” ujar Sures saat dihubungi detikcom, Senin (16/10/2017).

“Ketidaktahuan si anak sehingga dia berbuat seperti itu. Kalau dia tahu, saya sih yakin dia tidak akan mungkin melakukan itu,” sambung Sures.

Sures kemudian menjelaskan betapa sakralnya tempat tersebut. Plinggih Padmasana namanya, singgasana Sang Hyang Widi atau Tuhan Yang Maha Esa.

“Itu simbol, dalam Hindu kan (Tuhan) disebut Sang Hyang Widi, Tuhan Yang Maha esa. Pelinggih itu sebagai simbol Tuhan kita,” jelas Sures.

Sures menerangkan hanya orang-orang suci yang diperbolehkan naik ke plinggih padmasana. “Tidak boleh sembarangan orang naik ke situ. Hanya orang-orang suci yang boleh naik ke situ,” tegas Sures.

Sures menuturkan kejadian anak berpose di Plinggih Padmasana akan menjadi bahan koreksi diri bagi para pengurus pura agar lebih mengawasi setiap sudut rumah ibadah.

“Kita yang pasti sangat menyayangkan kondisi itu terjadi dan bisa jadi juga kita koreksi intenal. Kan pura ada penjaganya, harusnya orang yang datang berkunjung, foto-foto, dipantau. Dikasih tahu mana yang boleh dan nggak boleh,” terang Sures.

Sures menilai terjadinya seorang anak foto di tempat sakral umat Hindu adalah bentuk sikap lalai penjaga pura. Sampai saat ini, DPN Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia dan organisasi umat Hindu lainnya masih menelusuri dimana lokasi foto bocah lelaki tersebut.

“Kalau saya pribadi melihat ini lebih ke kelalaian kita sendiri dalam menjaga tempat ibadah kita. Kita juga masih ditelusuri itu dimana fotonya,” tutur Sures.

Andre Yansyah Minta Maaf

Setelah fotonya viral dan dishare lebih dari 6 ribu netizen, foto tersebut dihapus dan Andre Yansyah menulis penyesalannya dan minta maaf di akun facebooknya.

Untuk yang agama hindu..saya mengucapkan mohon maaf sebesar2nya….saya tak bermasut untuk menyinggung perasaan kalian..tolong maafkan saya…
yansen

Postingan ini sudah dikomentari Ribuan Netizen

Peradah Indonesia Jaya !!!!

Dikutip dari : (“Detik.com/Infoteratas.com”)

[telah dibaca 73 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *