Memperkuat Hindu Lokal, DPN Peradah Indonesia Selenggarakan Temu Tokoh Hindu Nusantara 2017 di Yogyakarta

WhatsApp Image 2017-08-05 at 14.51.51(1)

Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Pemuda Hindu (DPN Peradah) Indonesia menggelar acara Temu Tokoh Hindu Nusantara yang berlangsung 4-6 Agustus 2017 di Jogjakarta., kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkuat kembali umat umat Hindu lokal di Nusantara sehingga tetap dapat eksis dalam mempertahankan kebudayan dan seluruh keunikan yang dimiliki, Lalu bagaimana agar Hindu Keharingan semakin yakin dan mantap sebagai Hindu nusantara, Kegiatan temu tokoh Hindu ini juga sebagai amanat Mahasabha Peradah ke X pada 2015 kemarin di Surabaya yang merekomendasikan DPN Peradah melakukan kegiatan penguatan Hindu lokal nusantara,” paparnya.

WhatsApp Image 2017-08-05 at 14.45.14
Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Harian PHDI Pusat, Wisnu Bawa Tenaya yang akrab di sapa WBT memberikan pembekalan. WBT menyatakan, agar umat Hindu nusantara maju bersama bergandengan tangan demi kemajuan agama. Oleh karena itu, sangat penting mengedepankan Panca Sradha dalam segala aspek kehidupan umat Hindu. Tak ketinggalan semua pihak menjaga kebhinnekaan.

Dia berharap, kegiatan temu tokoh Hindu nusantara dapat berlangsung di lokasi lain. “Kedepan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan di tempat lain demi penguatan umat Hindu nusantara dan kebanggaan sebagai orang Hindu,” tegas mantan Danjen Kopassus ini. Kegiatan itu sendiri dihadiri perwakilan Hindu lokal dari Keharingan (Kalimantan Tengah).

Hadir dan mengikuti kegiatan Tokoh Hindu Toraja, Hindu Sidrap (Sulawesi Selatan), Hindu Yogyakarta, Hindu Tamil (Sumatera Utara), Hindu Sunda Wiwitan (Jawa Barat), Hindu Klaten (Jawa Tengah), Hindu Jawa Timur dan Hindu Bali. Dari Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) antara lain, ada BEM STAH Dharma Nusantara (Jakarta), STHD Klaten, BEM STAH Palangkaraya, PMHD Banguntapan, GMHD Gunungkidul serta Bimas Hindu DIY.

WhatsApp Image 2017-08-05 at 14.51.52

Acara Temu Tokoh Hindu Nusantara DPN Peradah Indonesia dibuka oleh Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Prof. Drs. I KETUT WIDNYA. M.A., M.Phil., Ph.D, Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta, Perwakilan dari Gubernur DIY, Serta Ketua Umum DPN Peradah Indonesia D. Sures Kumar, S.Ag.,M.Si

WhatsApp Image 2017-08-06 at 10.57.02
Ketua Panitia Pelaksana temu tokoh Hindu nusantara Gusti Ngurah Panji menambahkan, selain diisi diskusi dan persentasi beberapa pembicara, temu tokoh Hindu nusantara akan melakukan perjalanan spritual ke beberapa Candi Hindu di Jogjakarta. Kegiataan itu sebagai penutup acara, Peradah Indonesia, Jaya !!!
[telah dibaca 66 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *