Salurkan Bakat, Peradah Kalteng Utus 3 Kader Ikuti Workshop YOGA

Kaltengggw

INFOKOM DPP PERADAH KALTENG – Hampir semua Filsafat Hindu mengenal Yoga, kata Yoga yang artinya adalah hubungan, hubungan roh pribadi individu dengan roh yang universel atau Yoga sendiri yaitu memusatkan seluruh pikiran agar bisa mengendalikan panca indra. Dalam Yoga sendiri yang amat penting adalah pelaksanaan ajaran Yoga itu sendiri sebagai jalan untuk memperoleh pengetahuan sehingga bisa membedakan mana yang salah dengan benar dan baik dengan tidak baik.

Ajaran Yoga sebenarnya sudah tua umurnya, ajaran Yoga sendiri sudah ada dalam Upanisad juga dalam ajaran Smrti dan Purana, sampai sekarang pun ajaran Yoga masih dilakukan dalam kalangan Umat Hindu sampai ada cabang lomba untuk Yoga, melihat dewasa ini juga tidak hanya umat Hindu yang mempraktekkan Yoga tapi hampir seluruh alemen masyarakat yang tau akan manfaat yoga sampai non Hindu juga ikut mempraktekannya karena manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Melihat manfaat dan pentingnya Yoga bagi kesehatan dan keseimbangan Jasmani dan Rohani UKM Yoga STAHN-TP Palangka Raya yang dibina langsung oleh Komang Suarta, S.Ag, M.Si, pada hari yang berbahagia Sabtu, (10/6/17) mengajak seluruh kalangan Mahasiswa, Organisasi Bernafaskan Hindu dan delegasi dari setiap Kampus yang beragama Hindu untuk ikut, mengikuti Workshop Sehari Yoga dan Kesehatan.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula STAHN TP Palangka Raya tak kurang 100-an peserta hadir serta menghadirkan intruktur Yoga dan Pemateri Yoga yaitu I Wayan Wiyase, S.Pd.H, M.Ag, dr. Ni Made Yuliari, Sp.A dan I Made Adnyana, S.Ag, M.Si dengan tema “Sehat Jasmani dan Rohani Melalui Yoga”.

Dalam kesempatan itu pula tidak lupa Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Kalteng mendelegasi tiga kader yaitu Susi Septiana, Rollie dan Eko Susanto. yang memiliki keterampilan, bakat dan minat dalam Yoga, untuk mengasah keterampilan kader lebih dalam lagi sehingga suatu yang mereka sukai menjadi hobby  yang akan menjadi nilai ples bermanfaat untuk pelaku dan orang lain didekatnya.

Susi Septiana yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan demikian sangat bermanfaat bagi mereka baik dari kalangan muda sampai kalangan dewasa dan tua, dia juga mengatakan bahwa ada beberapa gerakan yang perlu di perbaiki setelah mengikuti kegiatan, karena dengan adanya instruktur Yoga yang langsung membimbing dan memberika contoh yang baik dan benar, sehingga gerakan yang dulu belajar secara otodidak di Pasraman jadi tau apa yang harus diperbaiki. selain mendapatkan ilmu mereka  juga diberikan kenang-kengan berupa matras untuk bisa digunakan berlatih dirumah masing-masing. (RAI)
[telah dibaca 176 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *