Peradah Indonesia Kalteng: Junjung Nilai-Nilai Pancasila

Kalteng 1

INFOKOM DPP PERADAH KALTENG – Beberapa hari yang lalu ratusan Pemuda Kristen dan Hindu melaksanakan pembersihan sejumlah masjid di Kota Palangka Raya, menurut informasi yang di himpun oleh infokom saat itu Jum’at, (2/6/17) kegiatan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat lintas agama dibagi menjadi 10 tempat bakti sosial rumah Ibadah umat Islam yaitu Masjid, kebetulan waktu itu infokom berkesempatan mengikuti kerja bakti di Masjid Al-Mu’Min Palangka Raya Jl. Ranying Suring.

Kegiatan yang dinamakan Pekan Pancasila dengan mengusung tema “Berpadu dalam Kebhinekaa di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila Kalteng untuk Indonesia” dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017.

“Kegiatan implementasi nilai-nilai Pancasila hendaknya jangan hanya bersifat seremonial semata, kegiatan yang kita lakukan sekarang akan menjadi contoh untuk provinsi lain dalam mengimplementasu nilai-nilai pancasila.” Kata Danrem 102/PJG Kolenel ARM. M Naudi Nurfika, S.I.P, M.Si  saat memberikan arahan pada Jum’at (2/617) di halaman Makorem 102/PJG Jl. Iman Bonjol No. 05 Palangka Raya.

Lanjut Danrem 102/PJG “Kegiatan ini juga akan berkelanjutan di tempat-tempat ibadah lainnya baik di Pura maupun Gereja dan tempat suci lainnya”

Sejalan dengan kegiatan Bakti Sosial yang telah berlangsung Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia Kalimantan Tengah menyambut baik kegiatan ini dengan ikut berpartisipasi aktif saat kegiatan. Melalui DPK Palangka Raya bersama Organisasi bernafaskan Hindu pada hari kamis malam Jum’at (1/6/17) di Halaman Balai Basarah Pemuda Hindu juga mengadakan kegiatan deklarasi Pancasila yang menyatakan komitmen untuk menjunjung nilai-nilai pancasila dan setia kepada NKRI, menurut Ketua DPP Peradah Indonesia Kalteng Sastriadi, S.Pd, M.Hum mengatakan “Kegiatan seperti ini sangat positif dan sangat bagus untuk merajut tali silahturahmi semua komponen bangsa” saat dihubungi pada Hari Jum’at (8/6/17).

Lanjut Sastriadi “ke depan, kegiatan serupa mestinya dilaksanakan secara kontinyu dan diprakarsai oleh banyak pihak, agar sikap positif sesama anak bangsa terus terjalin”

Beberapa hari yang lalu juga umat Islam, Kristen, Hindu dan Budha menurut informasi yang dihimpun oleh infokom bahwa masih berlanjutnya kegiatan bakti sosial di tempat-tempat ibadah seperti pada hari Minggu, (4/6/17) dilaksanakannya bakti sosial di 12 lokasi yang berbeda antaranya di Pura Pitamaha rumah ibadahnya Umat Hindu dan 11 Gereja yang ada di Palangka Raya, kegiatan ini juga akan berlanjut pada Hari Minggu pagi, (11/6/17) di Balai Basarah Hindu Kaharingan Jl. Tambun Bungai Palangka Raya. (RAI)

[telah dibaca 174 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *