LOKASABHA DPK PERADAH KEDIRI, KEBANGKITAN HINDU DI TANAH KEDIRI

lokasaba-peradah-kediri

Tiga tahun sudah berjalan, tanpa terasa masa bhakti kepengurusan DPK Peradah Kediri tahun 2013-2016 sudah usai pertanggal 22 September 2016 sesuai dengan Surat Keputusan DPP Peradah Jawa Timur. Berdasarkan hal tersebut, maka sudah menjadi kewajiban dari pengurus DPK Peradah Kediri untuk menjalankan amanat Mahasabha yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yaitu melaksanakan Lokasabha yang berfungsi untuk melaporkan pertanggungjawaban pengurus DPK Peradah Kediri baik laporan kegiatan maupun laporan keuangan secara transparan. Selain itu Lokasabha juga berfugsi untuk menentukan garis besar program kerja pengurus baru, dan sebagai media untuk memilih Ketua dan pengurus periode berikutnya.

Berikut kami laporkan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh DPK Peradah Kediri Masa Bhakti 2013-2016 antara lain sebagai berikut:

  1. Pertemuan Rutin Bulanan
  2. Baksos Erupsi Gunung Kelud
  3. Malam Sastra Saraswati dan Jalan Santai Menyambut Nyepi 2014
  4. Pelatihan Dharma Wacana
  5. Futsal CUP DPK Kediri (3 kali pelaksanaan)
  6. Peringatan HUT Kemerdekaan RI dalam bentuk lomba-lomba Agustusan
  7. Penyuluhan Narkoba dan Lomba Karikatur
  8. Tirta Yatra (2 kali pelaksanaan: ke Banyuwangi dan Jawa Tengah)
  9. Malam Sastra Saraswati ke 2
  10. Touring Religi (ke Situs-situs Hindu di Kediri, Blitar, dan Malang)
  11. Seminar Upakara Hindu dalam Balutan Tradisi dan Budaya Jawa
  12. Lomba Penjor dalam pelaksanaan Dharma Santih 2016

Selain kegiatan yang murni dilaksanakan oleh DPK Peradah Kediri di atas, kita juga selalu ikut dan berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga Hindu lainnya misalnya dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh PHDI, WHDI, dan DPP Peradah Jawa Timur dan juga dalam kegiatan Lintas Agama yang diselenggarakan oleh Paguyuban Lintas Masyarakat (PaLM) Kota Kediri.

Kegiatan Lokasabha DPK Peradah Kediri dilaksanakan pada tanggal 24 September 2016 dimulai dari pukul 18.30 WIB dan berakhir pada pukul 00.30 WIB. Acara ini dibuka langsung oleh Ketua DPP Jawa Timur yaitu I Nyoman Prayudi Bintare, dan dihadiri Ketua PHDI Kab. Kediri, Ketua WHDI Kab. Kediri, Ketua DPK Jombang, Ketua DPK Mojokerto, dan perwakilan dari DPK Sidoarjo. Dari Lokasabha DPK Kediri, didapatkan tiga kadidat Calon Ketua setelah melalui proses pencalonan Bakal Calon hingga verifikasi Bakal Calon, yaitu 1) Vadin Manu Sudhana, 2) Heri Iswanto, dan 3) Didik Sukrisna. Dari ketiga calon tersebut, berdasarkan dari hasil pemungutan suara, maka yang terpilih adalah Heri Iswanto sebagai Ketua DPK Peradah Kediri masa bhakti 2016-2019 dan dibantu pengurus harian yaitu Markus Rengga Swastika sebagai sekretaris dan Aditya Sri Jayanti sebagai bendahara.

Bagi ketua terpilih (Heri Iswanto) ini merupakan periode ke dua kepemimpinannya di DPK Kediri, beliau berharap agar diperiode yang kedua ini, kekompakkan, kekeluargaan, dan kebersamaan Pemuda Kediri tetap dijaga dan ditingkatkan. Secara spontanitas, beliau juga mencanangkan program Peradah kedepan yaitu salah satunya adalah Peradah Sobo Deso yang artinya DPK Peradah Kediri lebih intens kunjungan ke desa-desa untuk memberikan pengarahan motivasi kepada pemuda di seluruh wilayah Kediri sekaligus mencari kelemahan dan potensi dari pemuda di masing-masing wilayah.  Kegiatan Lokasabha ditutup langsung dengan pelaksanaan Pelantikan Pengurus Baru DPK Kediri 2016-2019 pada hari Minggu yang sekaligus bersamaan dengan kegiatan Pertemuan Rutin Bulanan, Peradah Indonesia !! Jaya !!!

(Ditulis Oleh : Infokom DPK Peradah Kediri)
[telah dibaca 342 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *