PERADAH FESTIVAL 2016: Ajang Berkumpulnya Umat Hindu Di Jakarta

peradah-dki

Opening ceremony PERADAH FESTIVAL 2016.
Left to right: Project Officer, Head of Peradah Indonesia DKI Jakarta, Deputy of Youth Development Ministry of Youth and Sports Republic of Indonesia, Secretary of Kelurahan Gelora, and Head of DPN Peradah Indonesia.

Perhimpunan Pemuda Hindu (PERADAH) Indonesia DPP DKI Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan PERADAH FESTIVAL 2016 pada 8—9 Oktober 2016 di Kementerian Pumada dan Olahraga Republik Indonesia, Senayan Jakarta. Acara ini merupakan kegiatan rutin tahunan Peradah Indonesia DPP DKI Jakarta yang dihadiri oleh 4000 orang dan diikuti oleh 23 kontingen dari Pura, Banjar, dan Pemuda Hindu di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, dan Banten.
PERADAH FESTIVAL 2016 yang bertema “My Passion My Expression” ini mengemas kegiatan kompetisi olahraga, permainan olahraga, perlombaan kesenian, hiburan, bazaar, dan bakti sosial menjadi sebuah ajang berkumpulnya umat Hindu se-Jabodetabek sekaligus sebagai wujud nyata kepedulian Peradah Indonesia DPP DKI Jakarta terhadap pengembangan SDM Hindu serta lingkungan di sekitarnya. Acara ini dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Dr. Joni Mardizal, mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Dalam sambutannya, Dr. Joni Mardizal menyampaikan bahwa kegiatan seperti PERADAH FESTIVAL 2016 merupakan salah satu kegiatan positif yang juga dapat mencegah terjerumusnya generasi muda Indonesia pada hal-hal negatif seperti penggunaan narkoba, seks bebas, dan tindakan kriminal. Pihak Kemenpora pun dengan senang hati akan mendukung kegiatan-kegiatan serupa yang diselenggarakan oleh organisasi-organisasi kepemudaan lainnya sehingga generasi muda Indonesia dapat terus mengembangkan kreativitas dan inovasi mereka selain menjaga kesehatan jasmaninya.
Menurut Ketua Panitia PERADAH FESTIVAL 2016, Gusti Agung Chandra Dewi, kegiatan ini ditujukan untuk memfasilitasi minat dan bakat generasi muda Hindu di wilayah Jakarta dan sekitarnya serta menjadi ajang berkumpulnya umat Hindu dalam suatu kegiatan positif yang menyenangkan.
Kompetisi dalam PERADAH FESTIVAL 2016 meliputi pertandingan futsal, basket 3 on 3, voli, tenis meja, bulutangkis, bakiak tandem, tarik tambang, balap karung, lomba yel-yel, lomba mewarnai, dan lomba fashion show. Selain itu, terdapat bazaar murah, bakti sosial berupa sembako gratis bagi 100 orang warga kurang mampu di wilayah Kelurahan Gelora, konsultasi kesehatan gratis, dan hiburan berupa penampilan musik dari Sutha AFI CS dan Alam Dewata Band. Hadir pula 2nd Runner Up Puteri Pariwisata Indonesia 2015, Anak Agung Istri Khaniya Laksmi Wirastri sebagai salah satu juri dari lomba fashion show.
Dalam PERADAH FESTIVAL 2016 kali ini, Banjar Purna Widya berhasil memboyong piala bergilir sebagai juara umum, Banjar Jakarta Utara sebagai 1st Runner Up, dan Sekaha Teruna Teruni Yowana Bagasasi Bekasi sebagai 2nd Runner Up. Sebagai penyelenggara, Peradah Indonesia DPP DKI Jakarta berharap agar semakin banyak umat Hindu yang terlibat dan berpartisipasi pada kegiatan PERADAH FESTIVAL di tahun-tahun berikutnya.

(Artikel ditulis oleh Ewie, DPP Peradah DKI Jakarta)

[telah dibaca 256 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *