DISKUSI PUBLIK; PHDI Hebat, Pemuda Kuat, Hindu Jaya!

IMG_1092

IMG_1090

Berani beraksi untuk Kejayaan Hindu Nusantara telah diwujudkan oleh Media Hindu, DPN Peradah Indonesia serta PP KMHDI dalam aksi Survei untuk Mahasabha PHDI nanti. Usai dilakukan Survei tersebut, maka hasilnya di publikasikan dalam acara Diskusi Publik yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2016 lalu di Gedung Dharma Sevanan, Pura Aditya Jaya Rawamangun. Dimana dalam acara diskusi Publik tersebut mengambil tema; “PHDI Hebat, Pemuda Kuat, Hindu Jaya”. Acara diskusi public dimulai pukul 10.00 WIB dan dibuka oleh MC Nanda Riska Saputri, Ketua KMHDI DKI Jakarta. Setelah menyampaikan susunan acara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Putu Utari (Wabendum DPN Peradah Indonesia). Untuk kemudian sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Ngakan Putu yang intinya menyampaikan bahwa keyakinan umat Hindu paling lemah di Jakarta maupun beberapa daerah di seluruh Indonesia, hal tersebut dikarenakan pemikiran tentang agama Hindu secara lebih mendalam masih sangat kurang sehingga umat Hindu mampu dipengaruhi oleh orang lain dan membuat mereka goyah, keinginan untuk beralih dan pindah agama sangat cepat terjadi di kalangan masyarakat Hindu pada umumnya”. Beliau juga menekankan bahwa, hal tersebut juga menjadi perhatian kita bersama khususnya lembaga-lembaga Hindu di Indonesia tidak terkecuali PHDI sebagai majelis Hindu.

Dalam diskusi publik dibuka oleh Ketua DPN Peradah Indonesia, Suresh menyatakan bahwa: “Aksi nyata ini adalah wujud kreativitas dan partisipasi kami para generasi Hindu Indonesia untuk kembali membangun kejayaan Hindu Nusantara”. Penyampaian hasil survey dikemas dalam paparan presentasi yang rapi dlam slide yang disampaikan oleh Bhetaria dari PP KMHDI.

Banyak sekali tokoh Hindu yang hadir pada acara tersebut tidak terkecuali, Ketua Panitia Mahasabha PHDI nanti yaitu Laksda I Nyoman Ari Atmaja yang memberikan penjelasan bahwa pelaksanaan pemilihan Ketua Umum PHDI yang akan dilangsungkan di Surabaya yang bertempat di Hotel Juanda mulai dari pembukaan sampai penutupan acara dilaksanakan pada tempat yang sama. Beliau meminta doa dan partisipasi bersama agar pelaksanaan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga memiliki nilai manfaat yang tinggi untuk Hindu Nusantara.

Beberapa tokoh Hindu yang hadir pada acara tersebut juga memberikan antusiasme yang sangat besar dan mensupport aksi nyata yang telah dilakukan oleh DPN Peradah Indonesia dan PP KMHDI ini, seperti Pak Erlangga Mantik, Pak Putra Astama, Pak Dewa Ketut Suratnaya, Pak Nengah Dana, Pak Putu Dunia, Pak Gede Wardana, dan masih banyak lagi. Para tokoh Hindu tersebut menyampaikan bahwa, Sebagai lembaga kepemudaan PERADAH dan KMHDI yang di dalamnya membangun hidup ketuhanan dan spiritual jangan lupa membangun ekonomi pemuda serta tahu bagaimana memenangkan hati masyarakat agar mau turut serta berperan dalam setiap kegiatan. PHDI haruslah mengetahui kondisi umat kita, memiliki visi dan misi yang sejalan dengan bangsa. Perlu reformasi tugas dan fungsi dalam tubuh PHDI agar di dalam Parisada sebagai majelis utama umat Hindu tidak hanya memberikan fatwa tetapi memberikan aksi yang tapat guna. Sebagai umat yang minoritas kita harus tahu kualitas apa yang dimiliki masyarakat kita agar menjadi unggul di kalangan seluruh masyarakat. Baik PHDI dan PERADAH serta KMHDI harus punya sumber pendanaan yang mengalir secara berkepanjangan agar mampu membangun kualitas umat dengan maksimal. Dalam konteks ini bagaimana PHDI dan Peradah Indonesia serta KMHDI bisa mewujudkan visi dan misi dengan kerjasama dan harus kerja keras yang produktif, yang memiliki terobosan, ada pembinaan yang baik ke masyarakat muda serta masyarakat Hindu Indonesia.

Di akhir acara, Ketua Umum DPN Peradah Indonesia menegaskan bahwa; “kuesioner ini ditujukan oleh semua umat, sehingga umat akan lebih mengetahui keberadaan dan kinerja PHDI, hendaknya sebagai PHDI harus lebih memperkenalkan diri kepada masyarakat sehingga masyarakat tahu dan dapat turut serta berpartisipasi secara maksimal dalam membangun kejayaan Hindu Nusantara. Peradah Indonesia, Jaya…!!!
[telah dibaca 362 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *