PERADAH KALIMANTAN TENGAH PEDULI

1

Palangka Raya, 26 Juni 2016. Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP-PERADAH) Indonesia Kalimanta Tengah menggelar aksi Peradah Peduli. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian peringatan turunnya ilmu pengetahuan atau Hari Raya Saraswati yang jatuh pada tanggal 25 Juni 2016.

Figure 1 Rembug Sastra di Wantilan Pura Pitamah Palangka Raya

Rangkaian kegiatan diawali dengan melaksanakan kegiatan rembug sastra pada pukul 20.00 tanggal 25 Juni 2016 di Wantilan Pura Pitamaha. Kegiatan yang disokong oleh Pembimas Hindu Kemenag RI Kalimantan Tengah, PHDI, KMHDI, dan DPK Peradah Indonesia Palangka Raya dilaksanakan dengan menghadirkan 2 (dua) orang pembicara, yaitu Bapak I Made Adnyana, M.Si. dari Pembimas Hindu dan Bapak Agung Adie, M.Si. dosen STAHN-TP Palangka Raya. Kegiatan yang dihadiri puluhan pemuda ini menggusung tema “Melalui perayaan Hari Saraswati kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya Ilmu Pengetahuan untuk Generasi Muda Hindu yang CAKEP (Cerdas, Aktif, Kritis, Empati, dan Profesional)”. Seluruh peserta yang hadir nampak turut aktif berdiskusi. Pada akhir kegiatan, Ketua Panitia Bersama, Sugianor, menarik sebuah kesimpulan dari kegiatan tersebut bahwa dari materi yang disampaikan oleh kedua pembicara dapat disimpulkan secara tegas bahwa Ilmu Pengetahuan merupakan hal yang sangat fungdamental bagi generasi muda Hindu, siapa pun orangnya, apa pun latar belakangnya, selama seseorang mempunyai bekal pengetahuan yang memadai pasti punya tempat yang baik dalam semua lini kehidupan ini, oleh sebab itu dia mengajak seluruh pemuda Hindu menjadi pemuda yang CAKEP.

2

Figure Ketua DPP Kalteng menyerahkaan Alat Tulis kepada Ketua Pasraman Parentas.

Kegiatan Peradah Peduli kemudian dilanjutkan pada tanggal 26 Juni 2016, kegiatan pertama yang dilaksakan adalah pembagian alat tulis kepada siswa-siswa pasraman Parentas yang berlokasi di jalan kompleks Balai Hindu Kaharingan, jalan Tambun Bungai Palangka Raya. Ibu Delae, M.Si. selaku ketua Pasraman Parentas menyampaikan rasa terima kasih dan bangga terhadap para pemuda Hindu yang punya inisiatif untuk berbagi dalam membangun umat Hindu di Kalimantan Tengah. Sementara itu Ketua DPP Peradah Kalteng, Sastriadi, yang didampingi oleh pengurus DPP dan DPK Peradah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peradah merupakan jembatan bagi umat (khususnya pemuda) untuk berkarya dan berbagi kepada sesama. “Ini adalah langkah awal Peradah, ke depan kita tentunya ingin kembali mengajak seluruh pemuda untuk berbuat lebih baik lagi, dan berharap juga mendapat dukungan dari seluruh tokoh dan elemen keumatan, semoga apa yang kami lakukan hari ini dapat memberi manfaat positif bagi umat” ucap Sastriadi. Dalam kesempatan itu juga nampak hadir beberapa tokoh umat yaitu Bapak Drs. Ambau, Bapak Parada, M.Si. dan Bapak Dr. Pranata, S.Pd., M.Si.

3

Figure 3 Ratno Gunawan membagikan alat tulis kepada siswa Pasraman Parentas.

Rangkain kegiatan yang terakhir adalah donor darah bersama. Kegiatan ini awalnya direncanakan dengan mendatangkan mobil PMI ke halaman Pasraman Parentas, namun karena ada kekeliruan teknis di internal PMI Kota Palangka Raya, sehingga mobil PMI tidak bisa didatangkan dan para pendonor pun akhirnya diarahkan untuk melakukan aksi donor di kantor PMI Kota Palangka Raya. Total terhitung 19 kantong darah yang didonorkan pada hari itu. Dino Pranoto, sekretaris DPP Peradah Indonesia Kalimantan Tengah yang mengkoordinitir kegiatan di lapangan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pendonor yang telah turut berpartisipasi, meskipun terdapat sekitar 50 orang yang hadir dan bersedia menjadi pendonor, namun hanya 19 orang dinyatakan bisa donor. Sejumlah calon pendonor lainnya karena alasan medis dan belum cukup usia dinyatakan belum bisa menjadi pendonor saat itu. “Ini patut kami apreasiasi, pemuda Hindu sudah menunjukan kepeduliannya, nama-nama pendonor ini nantinya akan kita buat dalam database DPP, sehingga jika di kemudian hari ada situasi darurat yang membutuhkan pendonor, maka DPP Peradah Kalteng bisa menjadi referensi”demikian pungkasnya.

Sementara itu Ratno Gunawan (Wakil Sekretaris DPP) secara khusus mewakili DPP Peradah Indonesia Kalteng manyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus yang telah berupaya maksimal untuk menyukseskan kegiatan ini, juga ucapan terima kasih kepada para donatur sumbangan kepada pasraman, dan para pendonor. Dia menegaskan dan berharap semoga karma kita hari ini berbuah manis di masa mendatang.

4

Figure 4 Ketua DPP Peradah Kalteng Sastriadi sedang donor darah.

5

Figure 5 Ivan Sahensa, Pengurus DPP Peradah Kalteng ikut donor darah.

Langkah kecil Peradah hari ini telah dijalani, salah satu dari lima nilai keteladanan (Panca Nayakarana) yang menjadi dasar dan karakter organisasi serta anggota Peradah yaitu sevanam (melakukan pelayanan dan karya-karya nyata bagi umat dan masyarakat luas) menjadi landasan pacu Peradah Kalteng untuk terus berkarya dan berlomba berbuat dharma. Semoga Hyang Widhi Wasa (Ranying Hatalla Langit, Raja Tuntung Matan Andau, Tuhan Tambing Kabanteran Bulan) menyertai langkah-langkah Peradah selanjutnya. Peradah Indonesia, Jaya…!!!

(Artikel ditulis oleh SUB-DPP Peradah Indonesia Kalteng)
[telah dibaca 402 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *