INIPUJA DI PULAU BUTON: Hijaukan Pantai Lambora

13507025_126747171085365_4943432196031998645_n

(Bau Bau – Peradah.org). DPK Peradah Baubau dan DPK Peradah Buton bekerjasama dengan PC KMHDI Kota Bau Bau melaksanakan kegiatan bakti sosial bersama dalam rangkaian perayaan hari suci Saraswati 2016. Bakti sosial yang dialakukan yakni penghijauan kawasan pesucian pantai lambora dilaksanakan pada hari minggu tanggal 26 juni 2016 di Pantai Lambora Kec. Kanpontori Kab. Buton tepatnya saat banyu pinaruh rangkaian hari raya saraswati. Pantai Lambora adalah sebuah kawasan pantai yang telah dimiliki umat hindu Kota Bau Bau dan Kabupaten Buton. Kawasan Pantai tersebut telah disucikan dan selalu menjadi tempat pensucian dalam beberapa momen perayaan hari raya seperti banyu pinaruh (saraswati) dan Melasti (Nyepi).

Kegiatan penananaman pohon dilakukan dengan menanam 300 batang pohon mahoni dan 50 batang pohon trambesi, pohon ini merupakan bantuan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Bau Bau. Masing-masing peserta sendiri membawa 1 pohon bunga untuk ditanam di kawasan tersebut.
Ketua PHDI Kota Bau Bau, dr. Agus Satyawan Ariada memberi apresiasi positif atas kegiatan ini. Ia meminta agara Peradah dan KMHDI dapat terus melaksanakan kegiatan yang bisa memberi dampak positif untuk umat hindu terutama dalam hal pelestarian lingkungan.

Ketua DPP Peradah Sultra yang turut hadir dalam kegiatan ini berterima kasih kepada semua pihak yg terlibat dan mendukung didalamnya. Program penghijauan kawasan suci ini adalah tindak lanjut dari RAKOORDA DPP PERADAH SULTRA yang digelar di Kabupaten Muna Barat beberapa waktu lalu. Dimana saat RAKORDA telah dicanangkan bersama oleh seluruh DPK PERADAH SESULTRA untuk dapat melaksanakan program INIPUJA (inisiatif pura hijau) di seluruh pura yang ada di SULTRA. Peradah Indonesia, Jaya…!!!

(Artikel ditulis oleh Made Miarsana, Departemen Hukum dan HAM DPN Peradah Indonesia)

[telah dibaca 358 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *