Tirta Yatra DPK Peradah Samarinda

IMG_0472

Samarinda-Kalimantan Timur, DPK Peradah Kota Samarinda kembali melaksanakan kegiatan keumatan setelah beberapa waktu mengalami kefakuman. Hal ini ditandai dengan melaksanakan kegiatan Tirta Yatra ke Pura Jagatnatha Sendawar Agung Kabupaten Kutai Barat pada tanggal 18 – 19 Juni 2016 sekaligus mengikuti persembahyangan piodalan Pura tersebut pada Purnama Sasih Sadha, Minggu 20 Juni 2016.

Untuk mencapai daerah tersebut memerlukan waktu kurang lebih 7,5 jam perjalanan dari Kota Samarinda melalui jalan darat menelusuri hutan Kalimantan. Tidak hanya DPK Peradah Kota Samarinda yang hadir pada kegiatan tersebut tetapi bersama rombongan yang antara lain terdiri dari Pembimas Hindu Propinsi Kalimantan Timur, PHDI Propinsi Kalimantan Timur, WHDI Propinsi Kalimantan Timur, DPP Peradah Propinsi Kalimantan Timur, Paruman Walaka Kota Samarinda, PHDI Kota Samarinda, WHDI Kota Samarinda, IKKB Kota Samarinda, DPK Peradah Kutai Kartanegara, Komisariat Peradah Desa Kerta Buana, Kutai Kartanegara membuktikan bahwa sinergitas antar organisasi Hindu dapat berjalan dengan baik, rombongan yang berjumlahkan kurang lebih 40 orang dengan menaiki 9 mobil berangkat dari Kota Samarinda pada pukul 06.30 Wita dan sampai di Pura Jagatnatha Sendawar Agung Kabupaten Kutai Barat pada pukul 14.00 Wita pada hari Sabtu, 18 Juni 2016.

Sambutan yang begitu hangat diberikan oleh warga Hindu di Kutai Barat termasuk dari para pemuda-pemudinya yang walaupun kebanyakan merupakan mahasiswa yang berkuliah di Kota Samarinda, selain itu terdapat pula sesi konsolidasi DPP Peradah Propinsi Kalimantan Timur kepada DPK Peradah Kabupaten Kutai Barat agar semangat pemuda Hindu tidak luntur. Kegiatan persembahyangan piodalan sendiri dilakukan pada Hari Minggu, 19 Juni 2016 dimulai dari pagi hari, dalam sambutannya ketua PHDI Kabupaten Kutai Barat, I Putu Lanang Yoga, S.H melaporkan bahwa jumlah umat Hindu di Kabupaten Kutai Barat ini berjumlah 23 KK dan beliau mengucapkan terima kasih atas kehadiran umat Hindu dalam piodalan di Pura Jagatnatha Sendawar Agung Kabupaten Kutai Barat. Rombongan kembali ke Samarinda pada hari itu juga sekitar pukul 14.00 Wita. Peradah Indonesia, Jaya..!!!

(Artikel ditulis oleh DPK Peradah Kota Samarinda)

[telah dibaca 633 kali]

2 thoughts on “Tirta Yatra DPK Peradah Samarinda

  1. Sast

    Mantap Peradah Kaltim, semoga dapat terus berkrya bagi anak bangsa….
    Salam hormat dari Peradah Kalteng.
    Sast.

    Reply
  2. Astika Guna

    Suksme, salam hormat dari kami di kaltim khususnya samarinda nggih, mari berkarya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *