“Bakti Sosial DPN Peradah Indonesia untuk Wonosobo”

Bakti Sosial DPN

Adapun rangkaian kegiatan Bakti sosial pengobatan masal sepenuhnya diselengarakan oleh Panitia Dharmasanti Nasional di Wonosobo pada 27 Februari 2016 lalu, dimana DPN Peradah Indonesia menjadi bagian didalamnya yang terlibat secara langsung menyapa warga Wonosobo. Dalam kesempatan yang baik itu dihadiri langsung oleh Ketua Panitia yang sekaligus adalah Bendahara PHDI Pusat. Setelah selesai memberikan sambutannya, secara simbolis beliau menyerahkan Buku- Buku Agama kepada Pengurus Parisada setempat. Serta, dalam acara tersebut juga dihadiri oleh; Ibu Kepala Desa, Perwakilan dari Kodim, Parisada Kabupaten Wonosobo, Parisada Provinsi Jawa Tengah, serta Team Medis dari Kota Semarang.
Tidak hanya pengobatan gratis yang diberikan oleh panitia kepada penduduk desa Jurang Jero Wonosobo, melainkan pada kesempatan yang baik itu disampaikan beberapa pengetahuan kesehatan kepada masyarakat setempat terkait dengan bagaimana cara pola hidup sehat. Secara detail menjelaskan bagaimana hidup bersih, lingkungan yang bersih, bagaiman mencuci tangan yang baik dan benar, kemudian juga bagaimana cara menata agar lingkungan bersih dan sehat.
Target dari panitia adalah 400 peserta, namun ternyata antusiasme dan sambutan masyarakat yang baik sekali akhirnya peserta lebih dari 400 orang, dan pelaksanaan pun berlangsung hingga pukul 14.00 WIB. Sebagaimana disampaikan oleh panitia bahwa tidak hanya umat Hindu yang diberikan pelayanan pengobatan melainkan penduduk non Hindu di Desa Jurang Jero juga diberikan pelayanan kesehatan, dan bingkisan berupa obat-obatan pendukung kesehatan dan hidup bersih.
Dewan Pimpinan Nasional Peradah Indonesia mendapat kesempatan baik yakni ikut serta membantu panitia nasional dalam pelaksanaan bakti sosial ini, Ketua Umum Peradah D.Sures Kumar. M. Si. Didampingi anggota ; Komang Arif Budiasa, Ing. Suarsana, Komang Agus, Nyoman Ngurah yang turun langsung dalam kesempatan itu. Adapun bakti sosial diadakan di Halaman Pura Giri Mulyo Jalan Parakan Kelurahan Reco Dusun Purwasari Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah.
Setelah pelaksanaan bakti sosial yang diadakan kurang lebih selama 6 Jam, Panitia Nasional melakukan perjalanan Sepiritual ke Dataran Tinggi Dieng ke Candi Dikawasan Dieng, dengan menggunakan Transportasi BUS Pariwisata yang di Carter khusus dari Jakarta, panitia nasional berjumlah 40 orang, pada saat melakukan perjalanan ke dataran tinggi Dieng dari tempat bakti sosial waktu yang ditempuh sekitar 2 Jam, kemudian Bus transit di Kali Anget sebab Bus besar tidak diperkenankan Naik hingga mendekati dataran tinggi dieng, dikarenakan medan jalan yang berbelok belok dan tanjakan yang tinggi maka panitia menggunakan Bus lokal yang berukuran lebih kecil. Dengan demikian, diharapkan aktivitas langsung dalam kemasan Bakti Sosial ini mampu memberikan pemahaman kepada kita semua untuk terus membantu sesama yang sangat membutuhkan uluran tangan kita. Peradah Indonesia, Jaya…!!!

[telah dibaca 239 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *