Rakorda DPP Peradah Sultra Di Muna Barat

RSlIDN8a

 

MUNA BARAT (PERADAH.ORG). Setelah 2 tahun lebih periode kepengurusan berjalan, DPP Peradah SULTRA yang di pimpimpin oleh I Wayan Jasana, S.Pt. melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA). Dengan tujuan melakukan konsolidasi antara pengurus DPP Peradah Sultra dengan DPK Peradah Indonesia Se Sulawesi Tenggara.

Rakorda ini dilaksanakan pada hari Senin, 7 Maret 2016 di sebuah kabupaten baru di Pulau Muna yaitu Kabupaten Muna Barat. Sebuah wilayah pemekaran yang semula berinduk di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Panitia Pelaksana kegiatan Rakorda dipercayakan kepada tuan rumah yakni DPK Peradah Indonesia Muna Barat.

Selain melakukan konsolidasi antar pengurus DPP dan DPK, RAKORDA juga bertujuan untuk pengambilan beberapa kebijakan taktis dan Strategis menyangkut kondisi kekinian terkait isu kepemudaan Hindu di wilayah Sulawesi Tenggara. Dalam persidangan RAKORDA, disepakati beberapa hal dimana nantinya Lokasabha DPP Peradah Sultra akan dilaksanakan di Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara.

Dalam sambutannya Wayan Jasana menyampaikan terimakasih atas dukungan seluruh pengurus DPP sehingga bisa menjalankan roda organisasi hingga menjelang akhir masa periode kepengurusannya. Jasana juga menyampaikan keinginannya untuk membentu cabang Koperasi Sinergi Nusantara di SULTRA kepada Ketua Umum DPN Peradah Indonesia. Ia memandang pentingnya peran Koperasi dalam upaya pemberdayaan ekonomi Pemuda Hindu di SULTRA. Jasana juga meminta Restu dari DPN agar gerakan Ini Puja (inisiatif pura hijau) dapat dilaksanakan di seluruh pura di Sulawesi Tenggara, dimana nanti dalam pelaksanaannya akan di koodinasikan dengan DPK Peradah Indonesia se Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, D.Sures Kumar, Ketua UMUM DPN Peradah Indonesia yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan RAKORDA DPP Peradah Sultra ini, Ia berharap agar pertemuan tidak hanya dilaksanakan dalam acara formal, melainkan juga dalam acara informal, hal ini mengingat kondisi wilayah SULTRA yang berbentuk Kepulauan sehingga akan sangat sulit untuk melakukan pertemuan secara fisik. Sures juga menyambut baik keinginan untuk membentuk Cabang Koperasi Sinergi Nusantara di SULTRA, ia berjanji akan menindaklanjuti hal tersebut agar secepatnya bisa terealisasi.

Acara RAKORDA ini juga dirangkaikan dengan kegiatan Festival Ogoh Ogoh se Kabupaten Muna Barat. Kegiatan Festival Ogoh Ogoh ini dibuka langsung oleh Pejabat Bupati Muna Barat, LM. Rajiun Tumada. LM Rajiun menyambut baik kegiatan Festival Ogoh Ogoh ini. “Kegiatan seperti ini sangat positif dalam menampung dan mengembangkan kreativitas pemuda, saya minta agar kegiatan ini agar bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Sehingga Pemuda Hindu yang terhimpun dalam organisasi Peradah Indonesia ini dapat memberikan warna dalam pembangunan kabupaten muna barat yang baru terbentuk 2 tahun ini”. Demikian pungkasnya mengakhiri sambutan dihadapan ribuan umat hindu yang hadir dalam acara ini.

 

 
[telah dibaca 365 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *