Tokoh Umat Hindu Sikapi Hasil Pilpres

jokowi jk sunda kelapa

JAKARTA, NusaBali | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat telah mengumumkan pemenang Pemilu Presiden (Pilpres) pada, Selasa (22/7). Hasilnya pasangan nomor urut dua Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Tokoh umat Hindu, yakni Ketua PHDI Pusat Sang Nyoman Suwisma dan Ketua Peradah Indonesia Wayan Sudane menegaskan, hasil tersebut harus diikuti.

“Apa yang telah dilakukan lembaga negara merupakan kesepakatan konstitusi. Seluruh rakyat Indonesia harus mengikuti,” ujar Ketua PHDI Pusat, Sang Nyoman Suwisma kepada NusaBali, Rabu (23/7). Jika ada yang menilai terdapat kecurangan-kecurangan secara hukum bisa diselesaikan lewat jalur hukum.

Meski begitu, Suwisma menyarankan agar permasalahan tersebut diselesaikan dengan musyawarah. “Sebab itu adalah budaya dan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia. Oleh karenanya perlu mengedepankan kedamaian serta musyawarah mufakat lantaran hal itu adalah bagian dari Bhinneka Tunggal Ika. Bukan untuk mencari perbedaan, melainkan persatuan dan kesatuan,” ungkapnya.

Suwisma berharap terpilihnya presiden baru agar masyarakat mayoritas menjaga minoritas demi keutuhan, harmonisasi dan stabilitas yang terjamin. Kemudian ia berpesan kepada seluruh masyarakat jangan mendahulukan kepentingan golongan, melainkan utamakan kepentingan bangsa dan negara. “Harapan saya presiden terpilih nanti betul-betul jaga NKRI,” tegas Suwisma.

Selain itu, tidak membawa-bawa nama kelompok pengusungnya dan memikirkan kepentingan bangsa sehingga perbedaan bisa diredakan. Oleh karena itu, siapa pun yang terpilih sebagai pemimpin Indonesia harus bisa menempatkan diri dan tak lupa memperhatikan aspirasi dari setiap komponen bangsa. Dengan adanya pemimpin Indonesia baru, Suwisma mengajak umat Hindu untuk meningkatkan solidaritas, kerukunan dan keharmonisan. Kemudian meningkatkan kualitas prestasi agar punya arti. Lalu saling bantu dan tidak saling menjelekkan untuk bisa lebih maju lagi.

Sedangkan kepada masyarakat luas, Suwisma mengatakan, agar mayoritas dari bangsa ini dapat melindungi keluarga sebangsanya, termasuk umat Hindu. Selanjutnya taat hukum dan beri kontribusi yang maksimal bagi bangsa dan negara. Sementara Ketua Umum Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia, Wayan Sudane berharap, pemimpin Indonesia yang baru terpilih ini dapat melakukan perubahan pada tata kehidupan berbangsa yang lebih baik. Mulai dari birokrasi, pelayanan warga seperti pendidikan dan kesehatan. “Untuk ke umat Hindu, perhatiannya perlu ditingkatkan pula. Presiden juga perlu menjamin kerukunan umat beragama tanpa diskriminasi,” terang Sudane.

Terkait hasil KPU, kata Sudane, kita harus menghormati keputusan KPU sebagai bagian dari proses demokrasi. Pasalnya apa yang telah diputuskan oleh KPU merupakan aspirasi dari masyarakat untuk bangsa Indonesia. “Kita harus melangkah ke depan untuk kembali membangun bangsa ini,” ucap Sudane. 7 k22
[telah dibaca 461 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *