Dharma Shanti DPP Peradah Jawa Timur

Dharma Santi DPP Peradah Jatim

Hari Sabtu (03/05) siang, di Candi Pallah atau Candi Penataran yang terletak di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar telah dilaksanakan acara Dharma Shanti Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2014.

Kegiatan tahunan bagi umat Hindu ini, selain diikuti oleh ribuan umat Hindu yang datang dari berbagai wilayah di tanah air, juga dihadiri oleh pejabat-pejabat penting dari pemerintahan Kabupaten dan Kota Blitar. Tampak hadir pula dalam kegiatan siang itu H. Mubasyir –Kakankemenag Kab. Blitar, Drs. H. Imam Muchlis, M. Pd. –Kakankemenag Kota Blitar dan sebagai tamu kehormatan yakni Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf.

Acara Dharma Shanti Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun Baru Caka 1936 kali ini, mengambil tema ‘Dengan Melaksanakan Dharma Negara Kita Wujudkan Harmoni Nusantara’. Meski acara seremonial baru dimulai setelah Wakil Gubernur tiba sekitar pukul 09.30 WIB, namun sejatinya rangakaian acara Dharma Shanti sudah berlangsung sejak pukul 07.00 WIB. Namun kegiatan yang dilaksanakan pada pagi harinya lebih berisi pada bentuk/ritual peribadatan bagi umat Hindu.

Ada satu tenda yang berukuran sangat besar yang dipasang di depan Candi Pallah atau Candi Penataran. Dimana, dibawah tenda jumbo itu nyaris tidak ada ruang tersisa. Semua kursi yang ditata panitia penuh oleh warga Hindu yang duduk sesuai dengan barisan nama asal kota darimana mereka berasal yang terpasang di pinggir tenda.

Karena jumlah peserta yang dalam laporan ketua panitia disebutkan mencapai dua puluh ribu (20.000) orang itu, banyak peserta yang harus rela duduk diatas rumput taman Candi Pallah atau Candi Penataran. Namun begitu, masih tetap membuat lokasi wisata Candi Pallah atau Candi Penataran tetap ramai, sarat dengan nuansa religi.

 

Sumber:

https://www.facebook.com/dpp.jatim
[telah dibaca 320 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *