Mitra Binaan Peradah di Ceto

pmbn ceto peradah

Secara Administrasi Candi Ceto terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah. Candi Ceto merupakan percandian Hindu yang dibangun di atas bukit, tepatnya sebelah barat lereng Gunung Lawu. Berdasarkan artefak yang berada di Candi Ceto, yakni dengan adanya lambang Surya Majapahit, terbukti bahwa candi tersebut merupakan tinggalan dari masa Kerajaan Majapahit, tepatnya pada saat pemerintahan Prabu Girindrawardhana S Dyah Wijayakusuma (Brawijaya V).

Program Pembiayaan Mitra Binaan Nusantara (PMBN) merupakan program Peradah untuk pengembangan dan pembinaan masyarakat di daerah pedesaan untuk mengembangkan potensi daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya pemuda. Bentuk dari program di Dusun Ceto sendiri adalah penyuluhan / pelatihan tentang kerajinan patung yang menjadi sumber penghasilan utama masyarakat Dusun Ceto. Produk yang akan dipasarkan adalah berbagai model cinderamata khas Candi Ceto maupun Dusun Ceto.

Cinderamata tersebut dapat diproduksi secara masal dengan modal sedikit tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan untuk peningkatan perekonomian. Cinderamata yang rencana akan diproduksi oleh masyarakat Dusun Ceto terbuat dari bahan-bahan yang terbuat dari resin (sejenis bahan kimia), yang ramah lingkungan, yang jelas berarti tidak akan menganggu keadaan lingkungan sekitar. Produksi dari cinderamata tersebut dapat berbentuk benda-benda yang ada disekitar Candi Ceto.

Info terkait Program PMBN
[telah dibaca 1009 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *