Bupati Suwirta, Temui Umat Hindu Di Kota Makassar

Peradah Makassar

SERANGAKAIAN program study banding ke Kota Makassar selama tiga hari pekan lalu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyempatkan diri bertemu Umat Hindu di Kota Makassar, Jumat (2/5) malam. Bupati yang saat itu didampingi Ketua Dekranasda Klungkung Nyonya Ayu Suwirta, Kadiskopperindag, Komang Darma Suyasa, Kabag Umum, Made Seger, Kabag Humas, I Wayan Parna bersama staf dan jurnalis, diterima dengan hangat sejumlah tokoh umat di sana seperti Ketua PHDI Kota Makassar, I Nyoman Supartha, Pembimas Hindu Depag Sulsel, Simon Kendek Paranta, Sekretaris Banjar Makassar I Made Semadi, pengurus WHDI dan pemuda Hindu (Peradah).

Tiba di Pura, bupati dan rombongan beserta tuan rumah melakukan persembahyangan bersama dipimpin Ida Pinandita, I Wayan Nentra. Usai sembahyang dilanjutkan dengan berbincang santai di lantai dua gedung vyata karma pura setempat. Dalam perbincangan tersebut, sekretaris Banjar Makassar I Made Semadi menyebutkan, jumlah krama hindu di Makassar ada sekitar 5000an KK, namun yang terdaftar sebagai krama hanya 400 KK. Umat Hindu di Makassar tetap menjalankan budaya dan agama sebagaimana dilakukan umat Hindu di Bali.

Sementara itu, Bupati Suwirta mengaku salut melihat antusias umat Hindu di Kota Makassar. Suwirta melihat umat sangat taat dalam menjalankan agama. “Satu contoh, bagaimana umat menjaga kebersihan dan kesucian pura. Habis muspa, masing masing umat langsung membersihkan bekas sarana yang dimanfaatkan untuk sembahyang kemudian membuangnya ke tempat sampah yang telah tersedia. Itu saya kira hal yang patut dipertahankan bahkan patut ditiru oleh kami yang hidup di Bali,” ujarnya.

Usai berbincang bincang hampir satu jam, tampak Bupati Suwirta medana punia yang diterima Ida Pinandita, I Wayan Nentra dan dalam kesempati itu juga warga antusias meminta poto bereng bupati, terutama ibu ibu.

Sumber :

http://www.koridortimur.com/bupati-suwirta-temui-umat-hindu-di-kota-makassar/
[telah dibaca 441 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *