Simakarama Ditjen Bimas Hindu Kementrian Agama

simakrama dirjen hindu

Dalam pengajarannya, konsep Tri Hita Karana mengajarkan bahwa kita harus selalu menjalin hubungan yang harmonis antar sesama. Ada 3 hubungan harmonis yang seharusnya dilakukan oleh umat manusia, yaitu:

1. Parahyangan : Hubungan harmonis yang dilakukan antara manusia dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan)

2. Pawongan : Hubungan harmonis yang dilakukan antara manusia dengan sesama manusia

3. Hubungan harmonis yang dilakukan antara manusia denga mahluk di bawahnya.

Konsep inilah yang mengajarkan umat Hindu agar selalu mencipatakan keharmonisan antara sesama dimanapun, kapanpun dan dengan siapaun.

Tidak terkecuali Ditjen Bijmas Hindu Kementrian Agama Republik Indonesia yang mengaplikasikan konsep Pawongan dengan cara mengadakan acara Simakarama Tokoh Hindu di Kementrian Agama Republik Indonesia pada 29 April 2014 kemarin.

Simakarama yang dihadiri oleh seluruh pembimas Hindu Indonesia ini serta beberapa Tokoh Hindu yang berada di wilayah se-Jabodetabek mengusung tema yang sangat luar biasa yaitu “Melalui Simakarama Tokoh Umat Hindu dan Masyarakat kKita Wujudkan Harmoni Nusantara”

Dengan tema yang sangat universal itu Ditjen Bimas Hindu berharap acara ini dapat mengahrmoniskan hubungan antara para tokoh umat Hindu diseluruh Indonesia, masyarakat serta seluruh elemen-elemen lain yang berkenan hadir pada saat itu. Beliau juga berharap agar keharmonisan ini dapat terjalin di Nusantara, seperti apa yang dikatakan dalam tema yang diusung kali ini.

 

Sumber: Diah_
[telah dibaca 389 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *