Dua Yoni Ditemukan di Lokasi Temuan Arca

temuan-arca-algi_2404

Warga Dusun Candi, Desa Ringinanom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang kembali menemukan benda-benda purbakala berupa Yoni, Kamis (24/4/2014) siang. Temuan tersebut semakin menguatkan adanya situs purbakala di wilayah tersebut.

Kali ini, warga menemukan dua buah yoni berukuran kecil dan sedang. Untuk Yoni sedang berukuran panjang 58 sentimeter, lebar 58 sentimeter, tinggi 50 sentimeter dengan panjang kepala naga 30 sentimeter. Satu Yoni lagi lebih kecil dengan panjang 40 sentimeter, lebar 40 sentimeter, tinggi 38 sentimeter, panjang kepala naga 20 sentimeter.

Selain dua batu Yoni, warga juga menemukan pecah-pecahan batu yang diduga peninggalan masa klasik Indonesia atau Hindu. Temuan tersebut kembali mengejutkan warga setempat dimana sebelumnya warga menemukan dua arca yakni nandi dan arca dewa tanpa kepala, Selasa (22/4) lalu.

Penemu benda tersebut, Samsul Huda (30) mengatakan, menemukan yoni tersebut saat mencangkul tanah untuk batu bata, Rabu (23/4) sekitar pukul 16.00. Saat itu dia bersama dengan Rokhib (25).

“Saya sedang menggali tanah memakai cangkul untuk membuat bata. Namun ketika menggali di kedalaman sekitar satu meter ada batu. Batu itu tersembunyi di akar pohon kelapa,” jelas Huda, Kamis (24/4).

Dia mengatakan, dua batu Yoni itu ditemukan di lokasi yang sama dengan jarak satu sama lain sekitar setengah meter. Selain Yoni, warga juga menemukan pecah-pecahan batu yang diduga peninggalan jaman Hindu. “Lokasi temuan tak jauh dari temuan dua arca sebelumnya. Mungkin di dalam tanah itu masih terkubur benda-benda lain,” katanya.

Atas temuan itu, Huda dan Rokhib lantas memanggil sejumlah warga setempat untuk menggali dan membersihkannya. Benda-benda itu kemudian dijadikan satu dengan dua arca batu berupa nandi dan dewa tanpa kepala.

 

Sumber:

http://jogja.tribunnews.com/2014/04/24/breaking-news-dua-yoni-ditemukan-di-lokasi-temuan-arca/
[telah dibaca 385 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *