Sosialisasi KJS, JKN dan KJP DPP DKI Jakarta

Sosialisasi DPP Jakarta

Peradah Indonesia DKI Jakarta sebagai wadah berhimpunnya pemuda Hindu di Jakarta, pada bulan Januari ini menggelar kegiatan Sosialisasi Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) tepat pada hari Minggu tanggal 12 Januari lalu di Gedung Dharma Sevanam, Pura Rawamangun Jakarta Timur. Penyelenggaraan Sosialisasi ini dilatar belakangi oleh program Pemerintah dalam usaha mewujudkan kesejateraan sosial dalam bidang kesehatan dan pendidikan. Perogram dari pemerintah ini memiliki tujuan yang sangat baik sehingga Peradah Sebagai salah satu element dari masyarakat memiliki inisiatif untuk membantu menyukseskan program pemerintah tersebut.

Tujuan dari Sosialisasi Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) ini adalah memberikan penjelasan tentang apa itu Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan apa saja benefit yang didapat bagi pemegang Sosialisasi Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Agar tidak terjadi kesimpang-siuran dan kesalah pahaman, karena sebagian warga DKI Jakarta termasuk umat hindu diantaranya belum tahu sepenuhnya tentang program ini dan belum mendapatkan apa yang seharusnya menjadi hak mereka tersebut karena minimnya informasi yang mereka dapatkan. Selain itu, sebagai sarana dan fasilitator yang mempertemukan warga DKI Jakarta dan pemerintah terkait sebagai pembuat kebijakan

Jalannya acara Sosialisasi Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) ini sesuai dengan susunan acara, diawali  dengan registrasi peserta pada pukul 08.30 hingga 09.30. Sedikit  tertunda akibat cuaca di Jakarta yang kurang baik pada pagi hari yang sempat diguyur hujan, sehingga peserta butuh waktu lebih untuk tiba di lokasi sosialisasi. Selain peserta undangan, panitia mengajak pengunjung Pura Aditya Jaya turut ikut serta dalam sosialisasi ini karena tujuan dari sosialisasi ini menyampaikan informasi kepada siapa saja karena tidak menutup kemungkinan, ada warga yang kebetulan mengunjungi pura dan belum tahu tentang acara sosialisasi yang sebelumnya sudah diinformasikan ke seluruh banjar di Jakarta.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembukaan Sosialisasi oleh pembawa acara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian Sambutan panitia yang diwakili oleh Ketua DPP Peradah Indonesia DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Ketua DPP Peradah Indonesia DKI Jakarta menyampaikan terima kasih atas kehadiran dari warga DKI Jakarta dan Narasumber yang telah menyempatkan diri untuk menghadiri acara Sosialisasi Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang diselenggarakan oleh Peradah Indonesia DKI Jakarta. Setelah itu, dilanjutkan sambutan yang kedua dari Ketua PHDI Jakarta yang memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Peradah DKI Jakarta yang telah menyelenggarakan Sosialisasi Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang dianggap sangat bermanfaat untuk warga DKI Jakarta pada umumnya dan umat Hindu di DKI Jakarta pada kususnya karena Peradah Indonesia DKI Jakarta merupakan Organisasi bernafaskan Hindu yang pertama kali menyelengarakan sosialisasi Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Setelah penyampaian sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan memanjatkan doa dan talk show dengan narasumber yang telah hadir yaitu dari Dwi Rio Sambodo, SE., anggota DPRD Komisi E DKI Jakarta, Pak Waluyo, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, dan Ibu Uum, mewakili kepala UPT Jamkesda Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Sesi talk show berlangsung sangat menarik karena peserta sosialisasi sangat antusias mengikuti jalanya acara. Berbagai macam pertanyaan seputar kebijakan pemerintah dilontarkan terkait dengan pelaksanaan program Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Dan jawaban dari narasumber sebagian besar dapat dimengerti dan diterima oleh peserta sosialisasi.

Setelah sesi talk show selesai maka selesailah sosialisasi Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) ini yang ditandai dengan penutupan dari pembawa acara serta pembagian plakat kepada narasumber yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama peserta sosialisasi, narasumber dan panitia.

 

Demikian berita acara Sosialisasi Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) ini. Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada panitia Sosialisasi Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) atas kerja kerasnya, serta semua pihak yang tidak pernah lelah berkontribusi dalam membangun eksistensi pemuda Hindu dalam Peradah untuk Indonesia baik secara moral maupun material. Semoga dikesempatan lain kami dapat melaksanakan kegiatan lainnya yang bermanfaat untuk umat, bangsa dan negara.

Sosialisasi DPP DKI Jakarta

 

Sumber :

I Gede Putu Adi Dharma

Bidang Pengembangan SDM

DPP Peradah DKI Jakarta

 
[telah dibaca 500 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *