Sinergi Pemuda Sumsel dalam PAKEMDA DPP Peradah Sumsel

Pakemda Peradah Sumsel

Palembang 21- 23 februari 2014 bertempat di pura Agung Sriwijaya dan Wisma Rupalesta Palembang. DPP Peradah Indonesia Sumatera Selatan mengadakan Pendidikan Kepemimpinan Daerah Dewan Pimpinan Provinsi Peradah Indonesia Sumatera Selatan yang di ikuti oleh 60 peserta dari 4 DPK yang ada di Sumatera Selatan seperti DPK peradah Ogan Komering Ulu Timur, DPK Ogan Komering Ilir, DPK Banyuasin, DPK Muaran Enim serta pemuda Hindu yang belum terbentuk DPK namun berpotensial terbentuknya DPK seperti Musi Banyuasin, Musi Rawas, serta Oku Selatan.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini, peserta dibekali materi materi tentang kepemimpinan Hindu serta kepemimpinan nasional. Kemudian juga para peserta dibekali dengan materi kemandirian pemuda yang disampaikan oleh I.G.B Surya Negara selaku tokoh umat Hindu Sumatera Selatan yang juga kepala perwakilan BPKP Sumatera Selatan. Selain itu juga dalam para peserta dibekali dengan pendidikan politik mengingat Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi pemilihan calon legislatif dan pemilu presiden pada tahun 2014 ini. Acara yang dikemas dalam diskusi panel tersebut dihadiri oleh 3 caleg internal umat hindu yang bertarung dalam pemilu 2014 ini, dari 11 caleg yang ditargetkan hadir, yaitu Made Indrawan caleg DPRD kabupaten Ogan Komering Ulir dari partai PDI Perjuangan, Wayan Subagio caleg DPRD kabupaten Banyuasin serta Made Susanta caleg DPRD kabupaten Banyuasin yang juga menjabat sebagai wakil ketua bidang kewirausahaan DPP Peradah Sumatera  Selatan.

Diakhir acara para peserta diajak berwisata sejarah dan mengenang napak tilas Hindu di Sumatera  Selatan dengan mengunjungi bukit Siguntang yang merupakan tempat petapaan para Raja Sriwijaya, dilanjutkan dengan mengunjungi museum Sultan Mahmud Badarrudin II untuk melihat peninggalan peninggalan kerajaan Sriwijaya serta mengenang kejayaan kerajaan Sriwijaya, serta terahir mengunjungi makam Ki Gede Ing Suro yang menurut banyak tokoh Hindu Sumatera  Selatan merupakan bekas pura pada jaman kerajaan Sriwijaya. Hadir dalam Pakemda DPP Peradah Sumatera  Selatan ini, I Putu Guna Aditya Yudha, S.Psi kepala departemen SDM DPN Peradah Indonesia yang mewakili ketua umum Peradah Indonesia.
[telah dibaca 428 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *