Umat Hindu Harus Perkokoh Persatuan

Peradah Medan

Medan, (Analisa). Umat Hindu yang menjadi bagian integral kemajemukan bangsa, harus selalu berupaya memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI berdasar Pancasila dalam Bhineka Tunggal Ika.

Bahkan dalam sejarahnya umat Hindu merupakan kekuatan besar yang menyatukan bangsa ini. Karenanya sebagai bagian dari bangsa ini harus memberikan yang terbaik bagi kokohnya persatuan Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (DPP Peradah) Sumut K Indra Gunawan kepada wartawan di Medan, Senin (20/1).

Menurut Indra, peran umat Hindu khususnya di Sumatera Utara untuk menjaga keharomisan, kerukunan dan kekondusifan daerah ini sama dan sejajar dengan elemen agama, suku dan ras. Maka dari itu, ungkapnya mari kita saling bergandengan tangan memperkokoh persatuan karena kita juga memiliki tanggung jawab yang sama dengan umat lainnya.

Tahun politik

Apalagi, ujarnya tahun 2014 ini merupakan tahun politik bangsa Indonesia yang ditandai dengan eskalasi politik yang semakin kuat. Untuk itu, tegasnya diharapkan seluruh elemen umat Hindu khususnya keturunan India untuk mengutamakan persatuan dan meninggalkan segala bentuk perbedaan yang ada.

Pada kesempatan itu, Indra yang biasa disapa Kuna ini menyampaikan apresiasi karena telah melaksanakan niat pemuda Hindu untuk memecahkan kelapa di Sri Mariamman Kuil Jalan Teuku Umar, Jumat (17/1) lalu.

Prosesi pemecahan kelapa merupakan nazar DPP Peradah Sumut setelah berhasil melakukan konsolidasi pengurus dengan baik, serta melaksanakan pelantikan pengurus DPK Peradah Deli Serdang dan Medan.

Juga sebagai harapan dan doa pemuyda Hindu agar Sumatera Utara selalu aman, damai dan kondusif dalam persatuan kesatuan yang kokoh. “Pemuda Hindu sebagai bagian integral generasi bangsa siap memberikan kontribusi dalam memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia,” kata Kuna.

 

Sumber : http://www.analisadaily.com/news/read/umat-hindu-harus-perkokoh-persatuan/461/2014/01/22
[telah dibaca 449 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *