Pemuda Peradah Kalteng Dituntut Melek Demokrasi

RAKERDA

PALANGKA RAYA – Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia Kalteng menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III di Asrama Haji Al-Mabrur, Palangka Raya, 18-19 Januari lalu. Selain mengadakan Rapat kerja yang diikuti utusan Peradah dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng, Rakerda III tersebut juga dirangkai dengan bakti sosial di Desa Timpah, Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas.

Ketua Panitia Rakerda Puspo Renan Joyo, menjelaskan, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyusun program kerja organiasi, sekaligus konsolidasi pengurus Peradah kabupaten dan kota se-Kalteng. Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan diskusi bertema Membangun Wawawan Demokrasi Pemuda Hindu.”

Panitia menghadirkan 2 pembicara yakni Ketua Peradah Indonesia Kalteng Sastriadi dan dosen komunikasi politik Universitas Budi Luhur Jakarta Ni Gusti Ayu Kurniasari. “Tujuan diskusi ini untuk mengajak seluruh pemuda Hindu di Kalteng agar turut berpartisipasi dalam pembangunan di Provinsi Kalteng melalui peran serta dalam berdemokrasi,” kata Puspo Renan Joyo.

“Intinya, pemuda Hindu harus melek demokrasi. Selain itu, turut serta menyukseskan pesta demokrasi yang merupakan bagian dari dedikasi pemuda Hindu terhadap pembangunan bangsa,” demikian Sastriadi menambahkan.

Sementara dalam rangkaian kegiatan itu saat melaksanakan bakti sosial, peserta mengunjungi Balai Hndu Kaharingan di Desa Timpah. Rombongan yang dipimpin Ketua Peradah Indonesia Kalteng Sastriadi mendapat sambutan hangat masyarakat desa tersebut. Pemuka adat setempat menyambut dengan memberikan kehormatan untuk memotong kayu pantan menggunakan mandau (senjata khas Dayak).

Acara potong pantan ini merupakan tradisi yang dilestarikan Suku Dayak Kalteng untuk menyambut tamu saat berkunjung ke daerahnya. Dengan memotong pantan diharapkan tujuan positif rombongan Peradah Indonesia Kalteng akan berjalan lancar.  Dalam kunjungan bakti sosial itu seluruh peserta Rakerda III Peradah melakukan bersih-bersih balai Kaharingan dengan menyapu, mencetak pagar, membersihkan area balai dan lain-lain.anr

 

sumber : http://media.hariantabengan.com/index/detail/id/37301
[telah dibaca 480 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *