Keberagaman Budaya Bangsa

pic_wayan_sudane

WAYAN Sudane | pada tanggal 10 Januari 2014 lalu kami dari DPN Peradah hadir ke Medan, Sumatera Utara. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dari DPN untuk koordinasi dalam rangka mewujudkan gerakan Peradah yang semakin progresif. Pada hari Jumat (10/1) kami berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjung Gusta bersama DPP Peradah Sumatera Utara. Kunjungan ini bukan untuk menjenguk seseorang yang sedang ‘sekolah’ di LP namun untuk melihat inisiatif positif dari pihak LP yang mendukung pembangunan tempat ibadah bagi warga Hindu.

Memang di lingkungan LP terdapat tempat ibadah sebagai sarana peningkatan karakter dan pembinaan keagamaan para warga binaan. Di LP Tanjung Gusta sudah memiliki Masjid, Gereja, dan Wihara. Dan atas inisiatif Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Peradah Sumatera Utara, kini sedang dibangun Kuil di Lapas Kelas I Tanjung Gusta, Medan mengingat warga binaan khususnya yang Hindu belum tersentuh untuk penguatan keimanannya. Nah, melalui Kuil ini diharapkan warga binaan dapat belajar dan memperkuat keimanannya.

Selanjutnya, kami berjumpa dengan rekan-rekan Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Deli Serdang yang dilanjutkan ke Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil. Kuil ini terletak sekitar 35 Km dari Kota Medan, tepatnya di Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat. Kuil ini memiliki patung Dewa Murugan setinggi 55 kaki atau sekitar 17 meter menjulang ke langit di sisi kiri kuil.

Pada esok harinya Sabtu (11/1) kami berada di Kuil Shri Mariamman untuk mengadakan acara pelantikan Pengurus DPK Peradah Medan. Kuil ini merupakan Kuil Hindu tertua di Kota Medan yang dibangun tahun 1881 untuk memuja Dewi Shri Mariamman.

Perjalanan selama di Sumatera Utara memang kian memperkuat ke-bhinnekaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan umat Hindu. Ragam budaya dan adat istiadat umat Hindu di Sumatera Utara khususnya bagi warga India tentu saja berbeda dengan umat Hindu di Bali.

Akhirnya, keberagaman merupakan budaya yang terus memperkaya kita, bangsa Indonesia.

 

Kuil-Sri-Raja-Rajeswari-Sumatra-Utara2

Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil


[telah dibaca 634 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *