PHDI: Jangan Rayakan Tahun Baru Secara Berlebihan

Tahun Baru 2014 Himbauan dari PHDI dan Peradah

AKtual.co, Jakarta – Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali I Gusti Ngurah Sudiana mengimbau masyarakat untuk menjaga ketertiban dan tidak bersikap berlebihan saat merayakan malam pergantian tahun.

“Tahun baru dapat dirayakan secara sederhana dengan introspeksi diri,” katanya di Denpasar, Selasa (31/12).

Justru dia meminta masyarakat menjadikan tahun yang baru untuk bertindak lebih baik lagi dibandingkan tahun sebelumnya. “Tantangan ke depan lebih berat karena dengan kemajuan di berbagai sektor, maka kesiapan sumber daya manusia harus lebih berkualitas,” ujar dosen Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar itu.

Sudiana juga meminta kepada aparat keamanan desa adat atau “pecalang” berkoordinasi dengan aparat TNI/Polri untuk menjaga keamanan lingkungan.

“Pecalang dalam mengamankan menyongsong Tahun Baru 2014 agar terus melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI setempat. Sehingga keamanan dan ketertiban dalam pergantian tersebut tetap lancar,” ucapnya.

Ia mengharapkan masyarakat juga dalam menggunakan kembang api dan mercon di tempat yang aman demi keselamatan jiwa.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD Perhimpunan Pemuda Hindu-Indonesia (Peradah) Bali Ida Bagus Putu Oka Suryawan yang meminta kalangan remaja turut menjaga keamanan lingkungan.

“Mari pergantian tahun ini rayakan dengan suka cita saling bersilaturahmi, dan tidak menyalakan mercon dan kembang api,” katanya.
[telah dibaca 442 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *