Lantunan Taksu Sakralkan GKBK JEMBRANA

Penampilan Peserta Nyanyian Dharma DPK Jembrana

Kru Dapur Fesband Nyadar
Lantunan lagu Taksu ciptaan Ocha dan Gus Mantra membuat Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana menjadi terkesansakral.Sebabdaritujuh Group Band yang mengikuti Festival Band Nyanyian Dharma, Sabtu (14/12) malam di Panggung GKBK Jembrana, enam group memilih tembang berjudul Taksu sebagai lagu wajibnya, sedangkan satu Group Band memilih lagu Hymne Tattwam Asi. Bahkan Evi BRTV yang jadi bintang tamu di festival tersebut juga membawakan Taksu sebagai tembang perdananya.

Festival Band Nyanyian Dharma (Fesband Nyadar) yang digelar oleh Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia Kabupaten Jembrana, sempat tertunda sekitar 30 menit dari jadwal Pk. 20.00 Wita, lantaran hujan yang mengguyur embrana sejak sore baru surut sekitar Pk. 20.30 Wita. Meski masih gerimis, Fesband Nyadar tetap berjalan dan sejumlah pendukung  group sudah tidak sabar menanti penampilan group yang didukungnya.
Aksi SMAN 2 Ngr Band
Dari penampilan yang ditunjukkan kontestan, sejumlah group mampu dengan apik mengkolaborasikan antara musik modern dengan musik tradisional. Group Band Interest misalnya, tembang Taksu dan Bali Pulau Taman yang dibawakan aransemennya mengalami invrove dikolaborasikan dengan gambelan Bali. Group Band SMA Negeri 2 Negara juga tidak mau kalah, Group Band pelajar yang membawakan lagu Taksu dan Pura Rambutsiwi ini juga mengkolaborasikan music modernnya dengan gambelan Bali, disaat intro berjalan, penyanyinya pun menari mengikuti irama.

Aksi Interest Band
Aksi EVI BRTV
Ketua Panitia Fesband Nyadar,  Suta Hariandika mengatakan, festival yang diselenggarakan  ini baru yang pertama kali, selain untuk menunjukkan kreatifitas seni musik di kalangan pelajar, nyanyian  yang bernuansa dharma akan mampu membangkitkan pemahaman generasi muda tentang nilai-nilai sastra Agama Hindu, adat dan budaya luhur yang ada dalam setiap lirik lagunya. “ Mudah-mudahan festival inidapat dilaksanakan setiap tahun “ harapSuta. Sementara itu Kepala Dinas Dikporaparbud Kabupaten Jembrana I Nengah Alit mewakili Bupati Jembrana, memberikan apresiasi positif terselenggaranya Fesband Nyadar yang diselenggarakan oleh Peradah Jembrana. Menurutnya, untuk menyadarkan generasi muda tidak selalu dengan ceramah saja tetapi melalui music juga akan mampu membawa generasi muda untuk melakukan hal-hal yang positif.

Jawara Fesband Nyadar
Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, Group Band Nurare asal Mendoyo  yang membawakan lagu berjudul Taksu dan memilih karyanya sendiri yaitu lagu berjudul Ogoh –ogoh sebagai tembang pilihannya meraup nilai tertinggi dan menduduki posisi juara pertama. Juara kedua diraih oleh Band Interest dan juara ketiga diduduki oleh Band  SMA Negeri 2 Negara. Panitia juga memilih Group Band Pavorite yang diraih oleh Group Band SMA Negeri 1 Negara. Keempat gorup band tersebut diberikan dana pembinaan dan trophy. (Humas DPK Jembrana)
[telah dibaca 601 kali]

One thought on “Lantunan Taksu Sakralkan GKBK JEMBRANA

  1. made susilo

    Bentuk kreasi program yang bagus untuk mengajak generasi muda hindu memahami hindu dan meningkTkan sradha pemuda di Jembrana.
    Kami sangat berhrp peradah maju di bali.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *