Setahun PAUD Canang Sari

Peradah Jembrana

Tidak terasa waktu berjalan, PAUD Canang Sari yang digagas eksponen Hindu di Jembrana yang dimotori oleh Peradah Indonesia Kabupaten Jembrana telah berumur satu tahun. Dalam usia balita ini PAUD Canang Sari ternyata mampu menarik simpati dari warga Jembrana untuk menyekolahkan anaknya di PAUD bernuansakan Hindu ini. Lebih dari 100 anak dididik di PAUD Canang sari dan pada akhir tahun ajaran 2012/2013 telah dilepas 60 -an anakdidik dari TK kelompok A.
PAUD Canang Sari yang terlahir dengan misi yang sangat mulia berupaya melaksanakan program-program yang digariskan utamanya dalam memberikan pengenalan ajaran-ajaran Hindu dan Budaya Bali kepada anak-anak Hindu masa depan baik lewat gerak lagu, tari dan mainan. Tidak berhenti sebatas itu saja, PAUD Canang Sari juga berupaya memberi imbas positif bagi PAUD lainnya di Jembrana untuk turut memperkenalkan ajaran-ajaran Hindu dalam kegiatan kesehariannya kepada anak didik.Oleh karena itu sejak awal berdirinya PAUD Canang Sari, dalam rapat antar Kepala PAUD/TK se-Kecamatan Jembrana, Kepala PAUD Canang Sari menyampaikan salah satu programnya untuk mengadakan lomba kegiatan bernuansakan Hindu pada peringatan hari Lahirnya PAUD Canang Sari. Dari program ini diharapkan guru – guru PAUD/TK se-kec.Jembrana berupaya untuk mempersiapkan anak-anak didiknya dengan jenis kegiatan yang akan dilombakan.

Pada hari Sabtu, 5 Oktober 2013, PAUD / TK Canang Sari genap berumur satu tahun. Dengan mengambil tempat di Wantilan Pura Jagatnatha Jembrana dilaksanakan Peringatan Hari Ulang Tahun yang diisi dengan berbagai perlombaan. Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Drs. I Gusti Kade Mulyawan, MM mengatakan bahwa perayaan HUT I PAUD Canang Sari diisi dengan kegiatan perlombaan meliputi “Lomba Mengucapkan Mantram Tri Sandya, Lomba Metanding Canang Sari, Lomba Metanding Segehan Panca Warna dan Lomba Peragaan Busana Adat ke Pura, dengan melibatkan PAUD/TK se-Kecamatan Jembrana.

Kegiatan yang mengusung tema : “Melalui Lomba – lomba yang Bernuansa Agama Hindu dan Berbudaya Bali Kita Wujudkan Anak Usia Dini yang Sehat, Cerdas, Ceria, Mandiri, Berkarakter dan Berahlak Mulia yang Dilandasi Sradha- Bhakti dan Tri Kaya Parisuda” berlangsung sangat meriah dari pagi hari hingga siang hari. Partisifasi dari PAUD/TK di Kecamatan Jembrana sangat luar biasa. Hal ini dilihat dari antusiasme guru – guru TK peserta lomba dalam mempersiapkan anak didik untuk berlomba.
Sementara itu Ketua Pengelola PAUD Canang Sari Ibu Ani Setia Warini Kembang Hartawan yang merupakan Istri Wakil Bupati Jembrana menyampaikan ucapan terima kasih atas partisifasi dan kerjasama dari TK-TK yang ada di Kecamatan Jembrana mensukseskan program PAUD Canang Sari serta berharap semoga kerjasama ini senantiasa terjalin ditahun-tahun yang akan datang.

Pada akhir perlombaan, Dewan Juri yang diambil dari Kantor Kementrian Agama, Dinas Dikporaparbud, unsur PHDI dan WHDI memutuskan dan menetapkan bahwa Lomba Mengucapkan Mantram Tri Sandya, Juara 1, 2 dan 3 masing – masing direbut oleh TK. Bintang Kecil, TK. Sari Kumara dan TK. Wira Kumara.
Lomba Metanding Canang Sari, Juara 1, 2 dan 3 masing – masing direbut oleh TK. Sari Kumara, TK. Budi Utama dan TK. Negeri Pembina Kec. Jembrana.
Lomba Metanding Segehan Panca Warna, Juara 1, 2, dan 3 direbut oleh TK. Wija Kusuma, TK. Canang Sari dan TK. Budi Utama.
Lomba Peragaan Busana Adat ke Pura untuk Putra, Juara 1, 2, dan 3 direbut oleh TK. Canang Sari, TK.Canang Sari dan TK. Cita Karya, sedangkan untuk Putri direbut oleh TK. Kartika Udayana, TK Maria Fatimah dan TK. Cita Karya.

sebagai penggagas PAUD Canang Sari yang berbasis Agama Hindu, Komang Dhiyatmika yang juga merupakan Ketua DPK Jembrana Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah Indonesia) memberi apresiasi atas pelaksanaan lomba yang telah dilaksanakan namun harus terus disempurnakan persiapan dan pelaksanaannya. “Semua komponen PAUD Canang Sari, dari pengurus Yayasan, Pengelola maupun Kepala PAUD hendaknya terus mencari terobosan-terobosan kegiatan yang dapat mensinergikan PAUD di Jembrana. PAUD Canang Sari harus mampu memberi warna bagi PAUD/TK lainnya di Jembrana. Meskipun hanya satu PAUD yang berbasiskan Hindu tetapi mampu membangkitkan atau memperkenalkan Hinduisme lebih dini kepada anak-anak PAUD/TK yang ada di Jembrana”, harap Ketua DPK Jembrana. (Humas DPK Jembrana).
[telah dibaca 585 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *