Lokasabha Peradah Sultra

sultra peradah

Bertempat di Hotel Aden, Kota Kendari, pada tanggal 19 Oktober 2013, Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia Sulawesi Tenggara (DPP Peradah Indonesia Sultra) melaksanakan kegiatan Lokasabha. Lokasabha VII ini sendiri dirangkaikan dengan kegiatan seminar yang melibatkan elemen generasi muda hindu di Sulawesi Tenggara. Kegiatan Loksabha yang merupakan agenda rutin yang dilaksanakan 3 tahun sekali ini bertujuan untuk melakukan evaluasi setelah DPP Peradah Sultra dipimpin selama 2 periode dr. Dewa Putu Ardika Seputra, Sp.OG. seorang tokoh prefesional yang telah membawa banyak kemajuan sehingga mampu membawa Peradah Sultra saat ini memiliki posisi yang strategis di tengah-tengah umat, terutama karena peranannya yang seringkali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui programnya seperti pengobatan gratis kepada masyarakat di kantong – kantong umat Hindu di Sultra.

Dalam sambutannya dr. Dewa Ardika mengatakan bahwa dirinya sudah cukup lama memimpin peradah Sultra, sehingga ia berharap akan muncul pemimpin baru melalui Lokasbha VII ini yang tentunya akan memberikan sumbangsih lebih baik untuk Peradah sendiri maupun untuk umat Hindu Sultra. Dokter spesialis kandungan yang saat ini memiliki Sekolah dan Rumah Sakit terkenal di Kota Kendari ini juga berkomitmen untuk terus membantu jajaran pengurus Peradah Sultra yang akan terpilih nantinya. Setelah melalui persidangan Lokasabha akhirnya terpilih saudara I Wayan Jasana menjadi ketua DPP Peradah Sultra untuk periode 2013 – 2016. Wayan Jasana sendiri adalah seorang aktivis pemuda yang sudah sejak lama berkiprah di peradah, dimana sebelumnya Jasana juga sempat menjabat sebagai ketua DPK Peradah Kabupaten Konawe Selatan. Saat ditanya bagaimana rencana yang disiapkan untuk memimpin peradah Sultra selama 3 tahun kedepan, Jasana menjawab dengan nada santai, “Saat ini Peradah sudah harus meninggalkan paradigm baru, yakni yang aktif dikepengurusan harus benar-benar kader muda, namun tetap memiliki semangat kerja yang tinggi. Untuk program kerja, kami tidak akan membuat program muluk-muluk, kami akan membuat program yang mendasar namun berdampak langsung untuk kader peradah maupun umat Hindu”.

Pasca terpilihnya pengurus baru DPP Peradah Sultra periode 2013 – 2016, D. Sures Kumar, M.Si. yang hadir mewakili Ketua Umum Peradah Indonesia langsung melantik dengan membacakan SK dari Dewan Pimpinan Nasional Peradah Indonesia. Dalam sambutan penutupnya Ketua Bidang Dalam Negeri DPN Peradah Indonesia ini menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terpilihnya pengurus baru yang rata-rata berusia dibawah 30 tahun di sultra. Sebab tambahnya, saat ini Pengurus Peradah banyak yang sudah berumur, hal ini merupakan sebuah PR bagi semua kader DPN untuk dapat lebih konsen dalam melahirkan kader-kader muda yang bernakat, mengingat saat ini AD/ART peradah sudah mengamanatkan agar pengurus PERADAH di semua tingkatan berusia maksimal 30 tahun, sesuai dengan UU Kepemudaan yang sebentar lagi akan diberlakukan. (Liputan oleh Made Miarsana, Langsung dari Kendari – Sulawesi Tenggara)
[telah dibaca 563 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *