Pahlawan Hari Ini

pic_wayan_sudane

Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah, yang dapat membikin secarik kain putih, merah dan putih, selama itu tidak akan kita mau menyerah pada siapa pun juga! – Bung Tomo.

Ungkapan tersebut mengajak kita untuk merenung akan pentingnya perjuangan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan kala itu. Sebuah perjuangan untuk terus melawan secara fisik terhadap penindasan yang dilakukan bangsa asing (penjajah). Pertempuran fisik sebagai upaya penghabisan bagi para pahlawan bangsa untuk tetap menjaga kedaulatan tanah air, membela harga diri bangsa Indonesia sehingga kita dapat mewarisinya hari ini.

Para pejuang yang rela membela tanah air dengan mempertaruhkan nyawa tersebutlah ia sebagai pahlawan bangsa. Sebuah kerja perjuangan yang tak ternilai harganya demi tanah air, demi generasi bangsa. Perjuangan jelas, perjuangan melawan penjajah asing. Seluruh rakyat bersatu melawan asing.

Beda kondisi, beda waktu. Hari ini kita dihadapkan bukan pada musuh penjajah asing, tapi bangsa kita sendiri. Sungguh benar apa yang disampaikan Bung Karno bahwa “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Perjuangan kita hari ini adalah melawan koruptor yang dilakukan oleh para pejabat yang harusnya melakukan kerja demi kesejahteraan masyarakat. Sejenak kita bertanya, masih adakah pejabat yang mau melawan korupsi? Pertanyaan yang wajar bagi kita, bila jawabnya, ya ada, tentu ia berhak kita sebut pahlawan hari ini…

Selamat memaknai hari pahlawan. Semoga kita mampu menjadi pahlawan hari ini… #ws
[telah dibaca 515 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *