Bagaimana Memulai Meditasi

meditasi peradah

Meditasi dalam Hindu merupakan salah satu langkah dalam Astangga Yoga, dalam prakteknya meditasi biasanya diawali dengan asana, dan pranayama. Ada 2 jenis meditasi, meditasi saguna dan nirguna, membayangkan dan memvisualisasikan sebuah objek hingga teresap ke dalam objek itu adalah jenis meditasi saguna. Dalam buku “ The Sivananda Book of Meditation”, dijelaskan ada 8 langkah awal yang perlu disiapkan untuk meditasi :

Tempat : menyiapkan tempat sehingga memberikan vibrasi yang mendukung, sebaiknya ada ruangan khusus dan jika perlu ruangan dapat ditata dengan menempatkan bunga, dan poster yang memberikan pemikiran spiritual. Bermeditasilah dengan menghadap timur atau utara agar mendapatkan vibrasi yang menguntungkan dari alam.

Waktu : sediakanlah waktu yang cukup untuk meditasi, dan pilih waktu yang terbaik, biasanya waktu terbaik adalah brahmamuhurta (03.00-06.00) pagi.

Kebiasaan : adalah penting untuk menjaga konsistensi dalam praktek meditasi, yaitu meditasi pada waktu yang sama setiap harinya. Pikiran bawah sadar butuh pola teratur untuk bisa mencapai fokus dengan mudah.

Posisi duduk : ambil posisi duduk yang nyaman dengan kondisi tulang belakang dan leher segaris agar aliran energi dapat mengalir bebas.Napas : pada permulaan meditasi aturlah napas agar memiliki ritme kemudian pelankan napas. Ini merupakan permulaan, ketika telah berada dalam tahapan meditasi hal ini terjadi secara otomatis.

Memilih titik konsentrasi : pilihlah titik konsentrasi dimana pikiran dapat berdiam. Cakra Hati dan Cakra Kening adalah titik yang baik untuk permulaan.Memilih objek konsentrasi : selain meletakkan pikiran pada suatu lokasi di tubuh, kita juga perlu untuk memilih objek untuk menempatkan energi mental kita. Objek meditasi inilah yang beragam, sesuai dengan teknik meditasi dan tujuan yang ingin dicapai.

Meditasi OM merupakan awalan yang baik, selain karena kesederhanaan tekniknya, meditasi OM memberikan dampak yang cepat bisa dirasakan (penulis menyarankan agar memulai dengan bantuan audio suara OM, bisa didownload diwww.4shared.com). Meditasi OM bisa dimulai dengan menempatkan titik konsentrasi pada Cakra Hati maupun Cakra Kening. Bagi mereka yang terbiasa dengan visualisasi, meditasi OM bisa dipraktekan dengan membayangkan suara OM bergetar dari Cakra Kening, kemudian seiring dengan menggema, bayangkan getarannya meluas hingga melingkupi seluruh tubuh.

#Fredy Lay
[telah dibaca 543 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *