BNN Gandeng Peradah Serukan Bahaya Narkoba

Foto_FGD_in_Utan_Kayu_Utara

Ancaman bahaya narkoba yang sangat memprihatinkan pada generasi muda membuat Badan Nasional Narkotika (BNN) mensosialisasikan permasalahan tersebut di kalangan anak muda. BNN pun bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Pemuda Hindu ( DPN PERADAH) Indonesia menggelar Focus Group Discusssion (FGD) pada Sabtu malam kemarin di Balai Pertemuan RW 03 Utan Kayu Utara.

Menurut Deputi Penindakan dan Penyidik BNN Slamet Pribadi, mengkonsumsi narkoba bisa mengakibatkan hancurnya masa depan bangsa. “Lalu dapat merusak kesehatan, merusak mental anak bangsa, mengakibatkan hilangnya konsentrasi dalam aktivitas sehari – hari, serta mengakibatkan hidup dalam ketidak tenangan,” jelasnya.

Apalagi, jika narkotika disalahgunakan dapat membahayakan bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Bahkan, pada pemakaian dengan dosis berlebih atau yang dikenal dengan istilah over dosis (OD) bisa mengakibatkan kematian.

“Namun sayang sekali, walaupun sudah tahu zat tersebut sangat berbahaya. Masih saja ada orang-orang yang menyalahgunakannya,” terang Slamet.

Selain Slamet, narasumber lainnya adalah Kadek Mulyani. Mulyani memaparkan, dampak penyalagunaan narkoba dari sudut pandang kesehatan adalah bisa menghentikan fungsi alat-alat tubuh yang berujung pada kematian, dapat mengalami impotensi, kekebalan tubuh menurun, apriori terhadap sesama, lamban dan mengganggu janin jika sedang hamil.

Disamping itu, menyebabkan kerusakan otak, sulit bernafas, tekanan darah dan jantung melemah, pupil mata mengecil, dibarengi rasa ngantuk yang akhirnya membuat konsentrasi tidak maksimal.

“Ini dapat kita lihat pada orang yang selalu bingung, gemetar dan sering berhalusinasi,” ungkap perempuan yang juga berprofesi sebagai tenaga kesehatan salah satu puskesmas di Jakarta ini.

Setelah mendengarkan paparan tentang bahaya narkoba, Ketua RW 03, Jonny menegaskan, jajarannya siap membantu pemerintah, khususnya BNN memerangi peredaran Narkoba. Terutama dalam mengantisipasi masuknya Narkoba ke Lingkungan RW 03.

Pertemuan dengan BNN ini sendiri dikemas secara kekeluargaan. Acara dihadiri pengurus RT dan RW 03 Utan Kayu Utara Matraman. Tak ketinggalan pengurus Karang Taruna, Muda – Mudi RW 03 serta pengurus DPN Peradah Indonesia.

Ketua Umum Peradah Indonesia Wayan Sudane menyatakan, upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pemuda, sudah seyogyanya menjadi tanggung jawab kita bersama. Semua pihak, termasuk orang tua, guru dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak.

“Adapun upaya-upaya yang lebih kongkret kita lakukan adalah bekerjasama dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya Narkoba,” jelas Wayan menegaskan.(Sbh)
[telah dibaca 534 kali]

One thought on “BNN Gandeng Peradah Serukan Bahaya Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *