Pemuda Hindu Indonesia Minta Pemerintah Tegas Atasi Konflik Horizontal

konfliksosial

Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah Indonesia) meminta pemerintah segera mengambil langkah nyata dalam menangani konflik horizontal  yang terjadi beberapa waktu lalu di Lampung Selatan.

Hal tersebut disampaikan Peradah melalui rilis yang diterima Beritasatu.com hari ini.

Peradah Indonesia begitu menyayangkan bentrok massa antar desa di Lampung tersebut merenggut hingga 14 nyawa dan tidak dapat dicegah aparat keamanan setempat dengan cepat.

Setelah melakukan Mahasabha IX (Musyawarah Nasional) pemilihan Ketua Umum dan kepengurusan nasional 2013 – 2016 di Manado, Peradah Indonesia oleh Ketua Umumnya yang baru Wayan Sudane yang sebelumnya dijabat oleh I Komang Adi Setiawan kembali menegaskan komiten Peradah Indonesia melalui DPP dan DPK Peradah Indonesia di seluruh propinsi di Indonesia untuk mengambil peran aktif ikut serta menciptakan suasa yang kondusif antara suku dan umat beragama

Kedamaian adalah suatu kondisi yang sangat penting dalam mewujudkan kehidupan yang sejahtera.

Berikut adalah pernyataan sikap Peradah Indonesia :

Peradah sebagai bagian dari elemen bangsa Indonesia, tetap berkomitmen terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menegakkan Pancasila sebagai dasar negara dan Undang-Undang Dasar 1945 konstitusi negara.

Kebhinekaan bangsa Indonesia, khususnya di Lampung Selatan adalah potensi yang sangat besar bagi upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat, pemerintah selaku penyelenggara negara wajib memfasilitasi setiap warga negaranya dengan adil melalui pendidikan yang membentuk etos kerja yang kuat.

Kedamaian adalah suatu kondisi yang sangat penting dalam mewujudkan kehidupan yang sejahtera dan aparat keamanan bertanggungjawab melaksanakan penegakan hukum secara tegas.

Pemerintah dan aparat keamanan harus segera melakukan pemulihan warga Lampung Selatan baik secara fisik maupun mental agar dapat kembali melaksanakan aktivitasnya seperti semula.

Segenap warga Lampung Selatan tanpa memandang suku, agama maupun kelompok memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam mewujudkan kesejahteraan bersama bagi bangsa Indonesia dan ini harus didukung oleh segenap elemen bangsa Indonesia.

Peradah bersama segenap elemen pemuda Hindu di Indonesia akan turut menciptakan situasi yang kondusif guna mendukung pencegahan, penyelesaian dan pemulihan situasi pasca konflik.

Peradah Indonesia hingga saat ini melalui DPP Peradah Lampung sedang menghimpun berbagai macam bentuk bantuan yang dapat disalurkan kepada para pengungsi dan korban bentrokan berupa uang tunai, obat-obatan, pakaian bekas, bahan bangunan dan bahan makanan.

Penulis: /FMB | beritasatu.com
[telah dibaca 357 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *