Rapat Anggota Tahunan I KSN

ksn peradah

Kemandirian ekonomi yang kemudian dikaitkan dengan keuangan ataupun terkait dengan aset senantiasa menjadi permasalahan tersendiri dalam organisasi non profit. Pun demikian dengan organisasi-organisasi Hindu baik tingkat daerah, hingga tingkat nasional. Menyadari hal ini, Peradah Indonesia melakukan gerakan koperasi dengan mendirikan Koperasi Sinergi Nusantara (KSN) pada Agustus 2010 lalu. KSN menjadi pondasi awal pembangunan kemandirian ekonomi organisasi sekaligus anggota.

Sampai dengan awal 2012, KSN telah memiliki pola usaha dan program-program kemitraan untuk para anggota yang telah direalisasikan pada tahun 2011 lalu. Untuk itu, sebagai wujud tata kelola yang baik, pada tanggal 18 Februari 2012 berbarengan dengan Pendidikan Kepemimpinan Nasional (Pakemnas) VII Peradah dilangsungkan Rapat Anggota Tahunan I KSN tahun buku 2011.

Menurut Wayan Sudane Ketua Pengurus KSN, selama 2011 KSN memperkuat pola untuk pemantapan usaha-usaha KSN kedepan. Selain itu, pada 2011 KSN telah memperoleh badan hukum sebagai koperasi primer nasional dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. “KSN menjadi inkubator untuk mencari peluang ekonomi dalam rangka meningkatkan kemandirian anggota dan organisasi,” harapnya.

Sebelum RAT dilakukan, Untung Tri Basuki Deputi Bidang Kelembagaan Koperasi dan UKM mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI memberikan pengarahan terkait dengan tata kelola koperasi dan RAT I KSN. Ia berharap kepada KSN dan anggota Peradah untuk turut secara aktif membangun KSN agar menjadi koperasi yang berkualitas. Dengan koperasi yang berkualitas, koperasi menjadi besar, dan pelayanan kepada anggota semakin meningkatkan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan para anggota. “Peran pemuda di koperasi menjadi sangat strategis yang terkait dengan penciptaan wirausaha muda, penyerapan lapangan pekerjaan, dan distribusi pendapatan di masyarakat,” jelasnya. [Putu Jaya]

[telah dibaca 1045 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *