Gerakan Ekonomi di Pasuruan

peradahpasuruan

Gerakan ekanomi Peradah kami mulai sebarkan ke berbagai daerah. Bromo merupakan salah satu  yang menjadi daerah percontohan gerakan ini. Virus kemandirian ekonomi kami tularkan melalui program pembiayaan dan pelatihan UMKM di Bromo. Program ini merupakan satu rangkain,  yang diawali dengan pemberian paket pembiayaan kepada empat usaha mikro di desa Ngadiwono,  Bromo. Setelah paket pembiayaan digulirkan, kami melakukan pengawasan dan pembinaan kepada UKM mitra binaan. Untuk itu, DPN Peradah bersama Peradah Jawa Timur dan Peradah Kabupaten Pasuruan melaksanakan kegiatan bersama pelatihan UMKM  di Bromo pada tanggal 14-15 Mei 2011.

Dinginnya udara ternyata tidak menyurutkan para pemuda Tengger untuk berkumpul. Kami semua berkumpul di aula Pura Tunggul Adi Sari yang cukup untuk menampung kami semua yang berjumlah 70 an orang. Pura Tunggul Adi Sari berada di tengah perumahan penduduk. Posisinya di kontur ketinggian membuat Pura terlihat paling menonjol diantara bangunan yang lain. Suasana asri dengan sentuhan arsitektur jawa begitu kuat. Ketua Parisada Pasuruan , Made Suwitra, Pembimas Hindu, Drs Irawan dan Mangku Keto ikut hadir menyambut kami. Pak Made Suwitra adalah juga seorang guru agama. Sudah hampir tiga dekade beliau menetap di Bromo. Saya tidak menangkap logat Bali dari tutur kata beliau tersisa. Sudah jawa tulen. Beliau menyambut kami dengan hangat. Suasana kekeluargaan dengan cepat terbangun diantara kami semua.

Setelah acara ramah tamah, pukul 20 kegiatan pelatihan UMKM dan Koperasi bagi para pemuda dimulai. Acara ini dipandu oleh pengurus Koperasi Sinergi Nusantara  yang terdiri dari: Wayan Sudane, RAB Gandhi, Putu Adi Saputra dan Astri Anggreini. Materi yang disampaikan adalah seputar koperasi, metoda pembuatan proposal bisni sederhana dan simpan pinjam.  Pelatihan berlangsung interaktif. Berbagai pertanyaan dan masukan memperkaya diskusi yang berlangsung.
[telah dibaca 603 kali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *